11 Cara Menyembuhkan Flu Tanpa Obat Dokter

Flu atau influenza adalah infeksi virus yang terjadi pada alat pernafasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penyakit flu dapat dengan mudah menular dan menyebar dari satu orang ke orang lain melalui berbagi cara seperti berbagi minuman, berbagi alat makan, kontak langsung, juga batuk dan bersin.

Meskipun tergolong penyakit ringan, anda tetap harus berhati-hati karena flu mudah sekali menjangkiti siapa saja. Gejala yang biasanya timbul dari penyakit ini di antaranya adalah badan menggigil, demam, nyeri tenggorokkan, nyeri otot, sakit kepala, hingga mata berair.

Simak Juga: 13 Obat Radang Tenggorokan dengan Bahan Alami

Jika gejala-gejala itu sudah terasa, tidak perlu langsung panik ke dokter dan membeli obat. Ada 11 cara menyembuhkan flu yang bisa anda lakukan di rumah tanpa perlu mengonsumsi obat dokter. Apa saja, ya?

1. Perbanyak minum air putih

Cara menyembuhkan flu yang paling mudah dan wajib dilakukan adalah dengan memperbanyak minum air putih. Air putih memang mempunyai segudang manfaat, diantaranya juga dapat membantu menyembuhkan flu atau pilek. Usahakan minum air puith minimal 8 gelas per harinya.

Setiap sel dalam tubuh kita terdiri dari air. Beberapa sel tersebut sudah bekerja keras untuk melawan kuman yang membuat anda sakit.

Saat kita sakit, termasuk saat sedang flu atau demam, jumlah cairan dalam tubuh berkurang. Jadi, agar tubuh tetap bisa melawan kuman penyakit, kita butuh minum banyak air putih.

2. Mengonsumsi minuman hangat

Mengonsumsi minuman hangat

Selain memperbanyak minum air putih, cara menyembuhkan flu lainnya yang mudah adalah dengan mengonsumsi minuman hangat. Meminum cairan hangat dapat membantu mengencerkan lendir dalam sinus sehingga melancarkan alirannya, dan membuat anda merasa lebih baik dengan cepat.

Simak Juga: 9 Cara Menyembuhkan Tenggorokan Gatal. Dijamin Ampuh!

Penelitian menunjukkan bahwa meminum cairan hangat dapat meredakan gejala flu seperti pilek, bersin, sakit tenggorokan, dan lemas. Mengapa harus hangat? Karena cairan hangat dapat membantu mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang terganggu.

Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir. Jadi, jika anda flu, segeralah minum yang hangat-hangat! Anda bisa memilih minuman hangat apapun sesuai keinginan anda.

Misalnya, teh hangat bisa jadi pilihan. Tambahkan sedikit madu dan lemon untuk menenangkan tenggorokan dan mempertahankan efeknya lebih lama. Jika ada, tambahkan juga pepermint untuk melegakan hidung yang tersumbat.

Jika anda suka minum kopi, anda tidak perlu menghindarinya. Meminum kopi diketahui dapat meningkatkan kewaspadaan pada penderita flu. Namun memang sebaiknya cairan utama yang anda konsumsi adalah air hangat dan teh.

Selain itu, mengkonsumsi rempah-rempah yang hangat juga jadi cara menyembuhkan flu yang dengan mudah. Rempah-rempah tersebut di antaranya kencur, jahe, kemangi, dan sereh.

Caranya, rempah direbus dengan air secukupnya, ditambahkan gula aren atau madu. Meminum madu yang diseduh dengan air hangat juga bisa alternatif cara menyembuhkan flu yang tidak perlu pakai obat.

3. Perbanyak istirahat

Kondisi tubuh yang lelah akan menyebabkan kekebalan tubuh melemah dan flu akan mudah menyerang saat sistem kekebalan tubuh melemah. Sebagian orang bahkan percaya, flu adalah penyakit orang yang capek. Sehingga cara menyembuhkan flu paling ampuh adalah dengan beristirahat.

Simak Juga: Tidak Perlu Minum Obat! Berikut 9 Cara Menurunkan Demam Tinggi secara Cepat

Jadi, sangat disarankan untuk melakukan istirahat total dan berhenti bekerja untuk sementara waktu, agar sistem kekebalan tubuh kembali normal. Jika sulit bernapas saat tidur, tinggikan posisi kepala anda dengan bantal agar lebih mudah bernapas.

4. Konsumsi buah dan sayur

Kondisi tubuh melemah saat flu, otomatis sistem kekebalan tubuh juga melemah. Kandungan vitamin dan gizi yang banyak terdapat pada buah dan sayur akan mengembalikan daya tahan tubuh menjadi normal. Jadi, cara menyembuhkan flu tanpa obat dokter bisa anda lakukan dengan memperbanyak makan sayur dan buah.

5. Konsumsi vitamin C

Konsumsi vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin C memang tidak akan “menyembuhkan” flu, namun dapat membantu tubuh anda pulih lebih cepat. Memiliki asupan vitamin C yang baik juga akan menghindarkan anda dari serangan flu.

Umumnya, orang dewasa dianjurkan mengonsumsi antara 65–90 mg vitamin C setiap hari, dan tidak lebih dari 2.000 mg dalam sehari.

Buah jeruk, paprika hijau dan merah, buah kiwi, bayam, serta buah dan sayur mentah lainnya adalah sumber vitamin C alami yang bisa anda dapatkan. Meminum vitamin C dalam bentuk suplemen makanan juga bisa jadi alternatif yang praktis.

6. Menggunakan obat alami

Jika anda tidak terbiasa dengan obat dokter, anda mungkin harus mencoba cara menyembuhkan flu dengan obat alami. Salah satu contohnya adalah Eukaliptus. Ini berkhasiat sebagai antioksidan dan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Bahan aktif dalam eukaliptus adalah cineol, suatu senyawa yang berkhasiat sebagai ekspektoran untuk mengobati infeksi saluran napas dan meredakan batuk. Anda bisa menemukan eukaliptus dalam tablet isap, sirop obat batuk, dan cairan uap di sebagian besar apotek.

Pepermin juga banyak digunakan untuk cara menyembuhkan flu. Kandungan utamanya adalah mentol, suatu dekongestan kuat. Mentol dapat mengencerkan lendir dan dahak.

Selain itu, juga bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Anda dapat membeli pepermin dalam sediaan minyak asiri, tablet isap, ekstrak suplemen, juga teh herbal.

7. Terapi uap tradisional

Uap dapat melembapkan saluran di dalam hidung sehingga mengurangi iritasinya, selain itu, efek menenangkannya juga akan meredakan gejala flu. Penguapan merupakan salah satu cara menyembuhkan flu secara tradisional yang dipercaya ampuh.

Cara paling mudah adalah dengan menyiapkan air panas di baskom dan menempatkan wajah di atas baskom tersebut agar hidung menghirup uapnya. Hirup uap yang keluar selama 10 menit.

Anda bisa melakukan perawatan ini 2 hingga 4 kali sehari. Agar hasilnya lebih optimal, anda bisa mencampurkan minyak kayu putih, kunyit, jahe, atau rempah-rempah lainnya ke dalam air.

Menambahkan beberapa tetes minyak asiri ke dalam air juga merupakan cara yang ampuh untuk melegakan sinus sekaligus mendapatkan manfaat aromaterapi. Coba gunakan minyak pepermin untuk melegakan sakit kepala sinus. Minyak eukaliptus juga dapat melegakan hidung tersumbat.

8. Mandi air hangat

Saat anda mengalami flu, usahakan jangan mandi menggunakan air dingin. Cara menyembuhkan flu salah satunya adalah dengan mandi air hangat. Uap dapat melembapkan saluran di dalam hidung sehingga mengurangi iritasi. Selain itu, efek menenangkannya juga akan meredakan gejala flu.

9. Menghirup aroma minyak kayu putih

Cara menyembuhkan flu lainnya adalah dengan menghirup aroma minyak kayu putih. Tentu minyak yang satu ini pasti dimiliki di setiap rumah.

Minyak kayu putih akan menyegarkan dan melegakan pernapasan, tentu dapat membantu menyembuhkan flu.

Caranya? Anda bisa oleskan minyak kayu putih di lubang hidung dan hirup aromanya dalam-dalam. Oleskan juga pada dada dan leher. Efek hangat yang ditimbulkannya dapat mengurangi perasaan tak nyaman karena flu.

10. Memijat wajah

Memijat wajah

Saat hidung tersumbat dan sakit kepala, cobalah pijat wajah akupresur beberapa menit untuk membantu membersihkan rongga hidung.

Dengan menggunakan ujung jari, oleskan tekanan lembut ke sisi hidung, area antara hidung dan tulang pipi, dan juga dorong ke arah alis mata, di mana soket mata memenuhi tulang hidung anda. Memijat wajah seperti ini bisa jadi cara menyembuhkan flu tanpa perlu berobat.

11. Berkumur

Berkumur bisa menjadi salah satu cara menyembuhkan flu. Mengapa harus berkumur? Tujuannya untuk membantu membersihkan mulut agar bakteri jahat penyebab flu tidak masuk ke tenggorokan. Ketika flu menyerang, cobalah berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam.

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu melembapkan tenggorokan yang gatal. Campur seperempat sampai setengah sendok teh garam kosher atau garam noni odium dalam 240 ml air hangat, air distilasi, atau air matang.

Gunakan air garam untuk berkumur selama 1 menit, kemudian buang. Ulangi langkah ini setiap beberapa jam jika perlu.

Itu dia 11 cara menyembuhkan flu tanpa perlu obat dokter. Lain kali jika flu menyerang, tidak perlu buru-buru ke dokter, ya!