18 Cara Mempercepat Tumbuh Rambut dengan Bahan Alami. Dijamin Ampuh!

Memiliki rambut sehat dan indah tentu akan membuat kepercayaan diri meningkat. Tak heran, jika banyak orang rela melakukan berbagai cara mempercepat tumbuh rambut, meski menelan biaya yang besar.

Cara Mempercepat Tumbuh Rambut

Pada umumnya, kerontokan rambut merupakan suatu hal yang wajar dan terjadi sementara waktu. Biasanya, rambut akan tumbuh kembali dalam kurun waktu 6-9 bulan kemudian.

Berkonsultasi ke dokter atau mengunjungi salon kecantikan mungkin salah satu cara mempercepat tumbuh rambut secara instan, namun biasanya cara tersebut cukup mahal dan berisiko.

Baca Juga: 9 Cara Menyembuhkan Tenggorokan Gatal. Dijamin Ampuh!

Oleh sebab itu, hari ini saya akan memberikan beberapa cara mempercepat pertumbuhan rambut dengan bahan alami yang terbukti ampuh. Berikut selengkapnya.

1. Memijat kepala dengan minyak zaitun atau minyak kelapa

Cara mempercepat pertumbuhan rambut pertama yang dapat kamu coba di rumah adalah dengan memijat bagian kulit kepala dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Hal ini dimaksudkan untuk merangsang sirkulasi dan mengeluarkan racun pada bagian kulit kepala, agar pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat dan optimal.

2. Meneteskan minyak esensial biji labu

Meneteskan minyak esensial biji labu

Meneteskan minyak esensial merupakan cara mempercepat tumbuh rambut secara alami yang cukup populer di masyarakat.

Namun, hindari meneteskan minyak esensial tersebut ke kulit kepala secara langsung. Untuk menghindari iritasi, encerkan minyak tersebut dengan mencampurnya ke minyak lain, seperti minyak jojoba.

3. Menteskan minyak rosemary dan daun min

Minyak esensial lainnya yang juga memiliki manfaat sebagai cara mempercepat pertumbuhan rambut adalah dengan meneteskan minyak rosemarydan daun min.

Kamu dapat mencampurkannya dengan minyak zaitun, minyak kelapa, minyak bunga matahari, dan minyak jarak untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Mengoleskan minyak zaitun

Selain untuk dicampurkan dengan minyak varian minyak esensial, minyak zaitun juga dapat kamu oleskan secara langsung ke bagian kulit kepala dan rambut.

Kandungan vitamin E yang tinggi pada minyak zaitun dinilai ampuh digunakan sebagai cara mempercepat tumbuh rambut, serta membuat rambutmu menjadi lebih sehat.

5. Mengoleskan gel lidah buaya

 Mengoleskan gel lidah buaya

Siapa sih yang tidak tahu khasiat lidah buaya untuk rambut? Ekstrak lidah buaya memang dipercaya ampuh sebagai cara mempercepat pertumbuhan rambut baru dan melebatkannya.

Baca Juga: Terbukti! Tips Agar Cepat Tidur Ini Dapat Membuatmu Terlelap Dalam Waktu Singkat

Pengaplikasiannya cukup mudah, ambil gel yang ada pada daun lidah buaya, kemudian oleskan gel tersebut secara merata pada rambut dan kulit kepala pada malam hari, lalu bersihkan keesokan harinya.

6. Membalurkan minyak kemiri pada rambut

Tidak kalah dengan lidah buaya, khasiat minyak kemiri juga terkenal ampuh memanjangkan rambut dalam waktu singkat.

Cara mempercepat tumbuh rambut dengan minyak kemiri yaitu dengan membalurkannya secara rutin pada bagian rambut dan kulit kepalamu sebelum tidur, dan bersihkan pada keesokan harinya.

7. Menggunakan masker alpukat

Tidak hanya penting bagi kesehatan tubuh, kandungan vitamin B dan E pada alpukat ternyata juga ampuh sebagai cara mempercepat pertumbuhan rambut.

Kamu dapat membuat masker alpukat dan mengoleskannya pada bagian rambut. Jika tidak, kamu bisa mengonsumsi buah tersebut secara langsung atau diolah menjadi jus, salad, dan lain-lain.

8. Memanfaatkan masker telur

Memanfaatkan masker telur

Selain alpukat, ternyata telur juga dapat dimanfaatkan sebagai cara mempercepat tumbuh rambut, lho.

Caranya membuatnya dengan mengocok telur utuh dan 1 sendok makan minyak zaitun hingga tercampur rata, lalu oleskan campuran tersebut ke bagian rambutmu. Biarkan selama 20 menit kemudian bersihkan.

9. Mengonsumsi kacang kenari

Kacang-kacangan merupakan bahan alami yang baik untuk digunakan sebagai cara mempercepat pertumbuhan rambut, termasuk kacang kenari.

Memiliki kandungan omega 3, biotin, protein, copper, serta vitamin E yang tinggi, dengan mengonsumsi kenari rambutmu akan lebih sehat karena terlindungi dari efek buruk sinar matahari.

10. Memanfaatkan campuran cuka apel dan air

Cara mempercepat tumbuh rambut dengan cuka apel sebenarnya cukup simple, kamu hanya perlu menyediakan 3 sendok cuka apel kemudian campurkan dengan 1 sendok air.

Setelah itu, masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot, lalu semprotkan pada bagian rambut ketika kamu mandi. Tunggu beberapa menit dan bilas sampai bersih.

11. Oleskan campuran jeruk nipis dan air

Oleskan campuran jeruk nipis dan air

Selain dapat digunakan sebagai cara mempercepat pertumbuhan rambut, jeruk nipis juga ampuh dalam menghilangkan ketome, yang notabenenya jadi salah satu penyebab rambut rontok.

Ambillah beberapa tetes jeruk nipis dan campurkan dengan sedikit air. Oleskan pada bagian rambut dan kulit kepala secara merata, lalu diamkan beberapa saat sebelum membilasnya dengan air bersih.

12. Mengusapkan bawang merah

Iya, meski terkenal sebagai salah satu bumbu masakan, kandungan sulfur yang terkandung pada bawang merah juga murajab sebagai cara mempercepat tumbuh rambut secara alami.

Caranya dengan menghaluskan 1 siung bawang merah, lalu usapkan pada daerah kulit kepala secara merata. Tidak cuma itu, bawang merah juga mampu mengobati kebotakan, lho.

13. Memanfaatkan masker seledri

Bukan cuma bawang merah, bahan makanan yang satu ini juga bermanfaat sebagai cara mempercepat pertumbuhan rambut karena kandungan vitamin A, B, mineral, dan kalsiumnya yang tinggi.

Buatlah masker rambut seledri, kemudian aplikasikan pada bagian rambutmu secara merata. Biarkan selama 45 menit – 1 jam agar kandungan seledri dalam merasap secara utuh ke dalam rambut.

15. Mengonsumsi wortel secara rutin

Kandungan vitamin C dan E pada wortel memang baik untuk mata, lebih dari itu, wortel merupakan salah satu bahan alami yang dipakai sebagai cara mempercepat tumbuh rambut.

Tidak perlu repot, kamu hanya perlu mengonsumsi 3 ons wortel yang diolah menjadi jus secara teratur.

16. Bilaskan air rebusan daun jambu biji

Siapa sangka, ternyata air rebusan daun jambu biji merupakan cara mempercepat pertumbuhan rambut secara ampuh.

Pengaplikasiannya gampang, rebus daun jambu biji dan tunggu hingga dingin. Jika sudah, gunakan air rebusan tersebut untuk membilas rambut.

17. Mengonsumsi cokelat hitam

Tahukah kamu, kandungan zinc, copper, dan iron pada cokelat hitam bermanfaat menguatkan dan merangsang pertumbuhan rambut?

Oleh sebab itu, rajin mengonsumsi cokelat hitam dinilai ampuh sebagai cara mempercepat tumbuh rambut secara alami.

18. Banyak mengonsumsi makanan berprotein tinggi

Banyak mengonsumsi makanan berprotein tinggi

Cara mempercepat pertumbuhan rambut secara alami yang terakhir adalah dengan banyak mengonsumsi makanan berprotein tinggi.

Protein memang berperan besar dalam merangsang pertumbuhan rambut, maka dari itu, mengonsumsi makanan seperti telur, kacang-kacangan, ikan, ayam, dan daging merah sangat direkomendasikan.

Nah, itu tadi 18 cara mempercepat tumbuh rambut dengan bahan alami yang dapat kamu coba sendiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba!