Mudah dan Murah Meriah, Ini 13 Cara Mengatasi Ketombe

Ketombe jadi masalah yang sering dialami oleh banyak orang dimana umumnya ditandai oleh pengelupasan kulit kepala.

Gejalanya yang paling mudah dikenali adalah dengan adanya serpihan kulit berwarna putih yang bertebaran di rambut dan menimbulkan rasa gatal.

Cara Mengatasi Ketombe

Banyak penyebab munculnya ketombe, salah satu yang umum adalah karena kulit kepala kering. Tapi ada beberapa juga lho penyebab lain, misalnya saja:

1. Iritasi kulit kepala

Ini merupakan salah satu penyebab yang cukup umum, dan ditandai dengan kulit merah, berminyak serta ditutupi oleh sisik berwarna kuning atau putih.

Simak Juga: Hindari Insomnia, Ini 9 Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari

Iritasi juga bisa disebabkan oleh kulit yang sensitif terhadap produk perawatan atau pewarna rambut yang mengandung bahan kimia tertentu. Dan ini berujung pada kondisi kulit kepala jadi merah, bersisik dan terasa gatal.

2. Jamur

Penyebab ketombe juga bisa karena pertumbuhan jamur yang berlebihan yang mengambil makanan dari minyak kulit.

Karena itu kalau kulit kepala memiliki minyak berlebih akan lebih rentan terhadap ketombe.

3. Jarang membersihkan rambut

Kebiasaan ini tanpa disadari membuat minyak dan sel-sel kulit kepala jadi terangkat dan berujung pada munculnya ketombe.

Sebaliknya, terlalu sering keramas juga membuat rambut tidak bisa memproduksi minyak alami agar kulit kepala tidak kering.

Simak Juga: 13 Obat Radang Tenggorokan dengan Bahan Alami

Dan penting juga untuk memilih produk sampo yang tepat. Karena jika membersihkan rambut dengan produk sampo yang tak sesuai dengan rambut dan kondisi kulit kepala, akhirnya juga bisa menimbulkan ketombe lho…

Cara Mengatasi Ketombe

Nah, bicara sampo, memilih produk antiketombe menjadi hal yang paling umum dilakukan sebagai cara mengatasi ketombe.

Pada dasarnya sampo apapun berfungsi membersihkan kepala serta mengurangi minyak dan penumpukan sel kulit kering penyebab timbulnya ketombe.

Namun jika sampo biasa tidak berpengaruh, maka perlu menggunakan produk khusus antiketombe.

Pilihannya pun panyak. Beberapa jenis sampo antiketombe dengan kandungan beragam yang ditemui di pasaran antara lain sampo pyrithione zinc, sampo dengan kandungan asam salisilat dan selenium sulfida serta masih banyak lagi.

Jika digunakan secara rutin, maka masalah ketombe pun akan teratasi. Lalu jika ketombe sudah mulai berkurang Anda bisa mngurangi intensitas pemakaian, atau sesuai kebutuhan saja, dengan menggunakan sampo lain secara bergantian.

Namun, pada jenis kulit tertentu mungkin pemakaian sampo tidak terlalu berpengaruh atau malah akan menimbulkan iritasi terutama bagi yang jenis kulitnya sensitif.

Nah, kalau sudah begini, saatnya Anda mencoba bahan alami atau yang murah meriah dan cenderung tanpa efek samping, contohnya:

1. Minyak kelapa

Mengandung vitamin E, K, protein, asam laurat dan asam kaprat, minyak kelapa akan memberikan efek lembap dan memperbaiki kulit kepala, sehingga ketombe berkurang dan akhirnya hilang.

Gunakan minyak kelapa sebelum mandi. Lakukan pemijatan pada kulit kepala menggunakan minyak kelapa, diamkan selama 30 menint lalu bilas dengan air serta keramas dengan sampo.

2. Minyak zaitun

Selain dengan minyak kelapa, cara mengatasi ketombe juga bisa menggunakan minyak zaitun lho…

Sebelum digunakan, hangatkan minyak zaitun lebih dulu. Setelah itu pijat seperti menggunakan minyak kelapa, diamkan selama 30 – 45 menit dan akhiri dengan membersihkan rambut menggunakan air hangat.

3. Minyak kemiri

Kemiri sudah dikenal luas sebagai penyubur rambut dan membuatnya lebih hitam. Tapi ternyata minyak kemiri juga bisa kokuntuk menghilangkan ketombe secara alami.

Simak Juga: Cara Mengatasi Uban di Usia Muda secara Mudah dan Cepat Tanpa Disemir

Sebelum keramas, oleskan minyak kemiri dan biarkan selama 30 menit, lalu cuci rambut hingga bersih ya…

4. Minyak almond

Cara Mengatasi Ketombe dengan minyak almond

Minyak selanjutnya yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami dan relatif cepat adalah minyak almond.

Caranya juga sama dengan minyak sebelumnya dengan dioleskan pada kulit kepala, dan pijat kepala secara perlahan, lalu diamkan selama 30 menit. Akhiri dengan membilas rambut atau kepala dengan air hangat.

5. Lemon

Pemijatan kulit kepala juga bisa menggunakan lemon, karena asam pada lemon dapat menyeimbangkan pH kulit kepala.

Bahkan tak hanya bisa jadi cara mengatasi ketombe, lemon juga bisa untuk mengurangi rambut rontok.

Caranya pijat kulit kepala menggunakan 2 sendok makan sari lemon dan bilas dengan air. Lakukan secara teratur hingga ketombe hilang.

Atau bisa pula gunakan jeruk nipis.

Jeruk nipis kaya akan vitamin C, ditambah vitamin B1, B2, B3, B5, protein, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium dan kalium. Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut.

Selain digosokkan ke kulit kepala seperti lemon, jeruk nipis bisa digunakan dengan cara mencampur sari lemon dengan air lalu oleskan pada kulit kepala, biarkan meresap dan bilas hingga bersih.

6. Garam

Sifat scrub dari garam dinilai mampu mengangkat kulit mati pada kepala.

Jadi Anda bisa gunakan garam sebelum keramas dengan digosokkan secara perlahan pada kulit kepala untuk mengeluarkan serpihan ketombe, dan akhiri dengan keramas hingga bersih.

7. Lidah buaya

Cara Mengatasi Ketombe dengan lidah buaya

Lidah buaya mengandung protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C, dan tidak hanya ampuh untuk membuat rambut hitam, berkilau, rambut rontok, tapi juga menghilangkan ketombe.

Caranya dengan menghaluskan daging lidah buaya, lalu oleskan secara merata pada permukaan kulit kepala, pijat dengan lembut agar meresap pada kulit kepala, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih

8. Daun sirsak

Daun sirsak mengandung acetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang bisa membunuh racun.

Yang menarik, jika daun sirsak bermanfaat bagi manusia, sebaliknya bisa sangat beracun bagi serangga atau parasit.

Karena itu daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe.

Cara mengatasi ketombe dengan daun sirsak juga cukup mudah, yakni tumbuk halus daun sirsak  lalu tambahkan sedikit air dan gunakan sebagai masker rambut.

Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

9. Bawang merah

Mungkin cara mengatasi ketombe satu ini tidak terlalu populer ya…

Tapi sama halnya dengan kemiri, bawang merah dipercaya bisa melebatkan rambut, namun sebenarnya juga bisa sekaligus menghilangkan ketombe secara alami.

Caranya dengan menghaluskan bawang merah, lalu oleskan merata di kulit kepala dan diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

10. Cuka apel

Cara Mengatasi Ketombe dengan cuka apel

Dikenal banyak manfaatnya, cuka apel juga bisa jadi cara mengatasi ketombe yang cukup ampuh lho…

Caranya, tuangkan cuka apel dan air ke dalam botol semprot, lalu kocok botol sebelum disemprot ke kulit kepala. Lakukan ini setelah keramas, dan diamkan selama 5-10 menit, kemudian bilas dengan air.

11. Baking soda

Bahan berikutnya yang mudah ditemukan dan bisa jadi cara mengatasi ketombe adalah baking soda.

Sama dengan penggunaan cuka apel, sebaiknya gunakan bahan yang satu ini secukupnya saja ya…

Caranya larutkan setengah sendok teh baking sodadengan air hingga mengental, lalu oleskan secara merata pada kulit kepala, dan bilas dengan air hingga bersih

12. Tea tree oil

Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa kandungan tea tree oildalam sampo sangat efektif dalam mengobati ketombe.

Atau Anda bisa tambahkantea tree oil ke dalam sampo yang biasa digunakan untuk mendapatkan manfaat yang sama.

13. Aspirin

Mengandung asam salisilat, aspirin dapat menjadi penanganan yang efektif untuk masalah ketombe.

Caranya dengan menghaluskan aspirin dan campur dengan sampo, lalu diamkan sesaat dan bilas hingga bersih.

Itu di acara mengatasi ketombe yang mudah dan murah meriah. Mau coba cara yang mana?