Cara Mengatasi Uban di Usia Muda secara Mudah dan Cepat Tanpa Disemir

Fenomena rambut beruban diyakini terjadi pada saat seseorang telah menginjak usia 40 tahun ke atas. Kendati begitu, nyatanya saat ini banyak sekali anak muda yang sudah memiliki uban di rambutnya.

Setiap orang bisa saja mengalami ubanan, namun jika uban tersebut muncul terlalu dini, yakni pada usia muda, tentu akan memengaruhi kepercayaan diri orang tersebut. Lantas, apakah tidak ada cara mengatasi uban di usia muda? Tentu saja, ada.

Namun, sebelum masuk pada penjabaran tersebut, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu, apa sih sebenarnya penyebab uban di usia muda? Berikut penjelasan lengkapnya.

Penyebab uban di usia muda

Dari dahulu kala, banyak orang meyakini bahwa stres merupakan faktor utama penyebab terjadinya uban di usia muda. Namun, ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Menurut Dr. James Kirkland pemimpin Robert and Arlene Kogod Center on Aging, belum ada penelitian yang secara gamblang menyatakan bahwa stres adalah penyebab munculnya uban di usia muda.

Ada beberapa faktor lain yang lebih kuat pemicu terjadinya uban di usia muda, yaitu genetik. Jika orang tuamu mengalami rambut beruban ketika muda, kemungkinan besar hal tersebut menurun padamu.

Selain itu, kebiasaan buruk seperti merokok juga dapat mempercepat timbulnya uban di kepala. Hal ini terjadi karena radikal bebas yang diproduksi saat seseorang merokok.

Bahkan, menurut Dr. James, uban juga bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang lebih berat terjadi pada tubuh seseorang, misalnya penyakit jantung.

Itu sebabnya, munculnya uban tidak bisa diremehkan begitu saja, selain berkonsultasi dengan dokter ahli, beberapa cara mengatasi uban di usia muda juga diperlukan untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Hal-hal yang mencegah terjadinya uban di usia muda

Tindakan pencegahan tentu akan lebih baik daripada mengobati bukan? Oleh karenanya, kali ini saya akan memberikan beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya uban di usia muda.

1. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih

Menjaga cairan tubuh tidak hanya dibutuhkan sebagai cara mengatasi uban di usia muda, lebih dari itu, asupan mineral dibutuhkan sebagai sumber tenaga dan menjaga metabolisme tubuh manusia.

Maka dari itu, diwajibkan setidaknya mengkonsumsi 2 liter air setiap hari untuk menjaga asupan cairan pada tubuh dan juga mengeluarkan sisa metabolisme tubuh melalui keringat dan urin.Hindari kebiasaan mencabut uban

2. Hindari kebiasaan mencabut uban

Mencabut uban bukanlah cara mengatasi uban di usia muda yang benar. Jika hal tersebut terjadi ada baiknya kamu membiarkan uban tersebut tumbuh, bukan malah mencabutnya.

Sebab, rambut yang dicabut secara paksa berpotensi merusak banyak saraf lain di pangkal akar rambut. Dampaknya, sinyal produksi pigmen pada rambut menjadi terganggu dan memicu pertumbuhan uban.

3. Istirahat yang cukup dan berolahrga

Istirahat yang cukup dan berolahrga

Memiliki aktivitas segudang membuatmu jadi sering begadang? Ada baiknya kamu memperhatikan lagi pola hidupmu tersebut, sebab istirahat yang cukup adalah salah satu cara mengatasi uban di usia muda.

Kurang tidur bisa mengganggu produksi sel-sel folikel yang memproduksi pigmen atau melanin yang bermanfaat membuat rambut menjadi hitam.

Selain itu, sirkulasi darah dalam tubuh juga harus ditingkatkan dengan cara berolahraga. Agar, semua zat penting dari makanan dan mineral yang kamu konsumsi sampai ke bagian rambut secara sempurna.

4. Berhenti merokok

Cara mengatasi uban di usia muda dengan berhenti merokok adalah cara yang wajib untuk kamu lakukan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, radikal bebas yang ditimbulkan dari asap rokok terbukti sangat merusak kesehatan rambut.

Selain itu, rokok juga menyebabkan sirkulasi darah pada tubuh menjadi tidak lancar, yang notabenenya menjadi pemicu terjadi uban di usia muda.

5. Mengkonsumsi vitamin B12 dan Omega 3

Mengkonsumsi vitamin B12 dan Omega 3

Vitamin B12 dan Omega 3 merupakan merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki jaringan kulit kepala, hingga membuat pertumbuhan rambut lebih sehat.

Mengkonsumsi telur, ikan, daging-dagingan, dan pisang merupakan cara mengatasi uban di usia muda yang tepat, karena penganan tersebut merupakan sumber Vitamin B12 dan Omega 3.

6. Hindari menyemir rambut

Bukan cuma mencabutnya, menyemir rambut sebagai cara mengatasi uban di usia muda juga tidak direkomendasikan untuk dilakukan, lho.

Selain menyemir rambut, kebiasaan berganti-ganti sampo dan minyak rambut juga akan memicu terbentuknya uban di usia muda.

Pasalnya, hal ini mengakibatkan saraf di pangkal rambut menjadi rusak, serta menghambar produksi melanin pada kulit kepala.

Cara mengatasi uban di usia muda dengan bahan alami

Selain meninggalkan segala kebiasaan buruk yang dapat mempercepat pertumbuhan uban di usia muda, ada baiknya kamu mengetahui cara mengatasinya menggunakan bahan-bahan alami dari alam.

Bahan-bahan tersebut tidak cuma mudah untuk didapatkan, namun juga sangat bermanfaat diaplikasikan sebagai cara mengatasi uban di usia muda.

1. Minyak kelapa dan lemon

Minyak kelapa dan lemon

Kandungan vitamin E, vitamin K, dan juga zat besi pada minyak kelapa terbukti ampuh merangsang regenerasi sel pada rambut. Kandungan vitamin C pada lemon juga penting bagi kesehatan rambut.

Campurkan air perasaan lemon dengan 5 sendok minyak kelapa, kemudian aduk rata dalam sebuah wadah dan aplikasikan pada areal kulit kepalamu sambil memijatnya secara perlahan.

Biarkan 10-30 menit hingga kandungan minyak meresap, lalu bilas dengan air bersih. Metode ini dianggap ampuh digunakan sebagai cara mengatasi uban di usia muda.

2. Minyak kemiri

Minyak kemiri memang terkenal memiliki khasiat memelihara kesehatan rambut. Bahkan, minyak kemiri dipercaya ampuh membuat rambut menjadi lebih tebal dan hitam.

Cara mengatasi uban di usia muda menggunakan minyak kemiri adalah dengan membakar kemiri hingga gosong, kemudian haluskan dan peras hingga mengeluarkan minyak.

Jika sudah, maka kamu bisa mengaplikasikan minyak tersebut sebagai masker sebelum tidur, kemudian bilaslah pada saat pagi hari.

3. Kulit kentang

Kulit kentang

Ya, banyak yang tidak mengetahui bahwa kulit kentang pun ampuh digunakan sebagai cara mengatasi uban di usia muda. Pasalnya, pati dalam kentang bermanfaat sebagai pewarna alami bagi rambut.

Cukup campurkan satu gelas kulit kentang dengan dua gelas air, kemudian rebus selama kurang lebih 25 menit. Saring kentang hingga mengeluarkan patinya, kemudian aplikasian pada rambut setelah keramas.

4. Bawang bombay

Salah satu penyebab uban di usia muda adalah hidrogen peroksida, sedang bawang Bombay memiliki kandungan enzim katalase yang ampuh dijadikan penawar bagi senyawa yang satu ini.

Oleh sebab itulah, bawang bombay ampuh digunakan sebagai cara mengatasi uban di usia muda.

kamu hanya perlu memarut bawang tersebut lalu menyaringnya. Balurkan air perasaan bawang tersebut pada rambut dan diamkan selama 30 menit sembari bungkus menggunakan handuk atau shower cap.

5. Daun jambu biji

Daun jambu biji

Bukan cuma bawang, daun jambu biji pun berkhasiat sebagai cara mengatasi uban di usia muda.

Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C dan antioksidan pada daun jambu biji yang mampu memperkuat serta mempertahankan pigmentasi rambut.

Cara mengatasi uban di usia muda dengan daun jambu biji dengan menumbuk beberapa helai daun jambu biji hingga halus dan campurkan dengan air. Kemudian balurkan pada rambut dan kulit kepalamu.

Jangan lupa untuk melakukan pijatan pada bagian kulit kepala ketika membalurkannya. Setelah itu, tunggu selama 30 menit dan bersihkan.

Rutinlah melakukan perawatan rambut di atas, maka uban di atas kepalamu secara berangsur-angsur akan menghilang.

Selamat mencoba!