Banyak Penyebabnya, Ini Deretan Cara Menghilangkan Keriput di Wajah

Keriput merupakan lipatan, garis atau kerutan yang muncul pada kulit yang jadi tanda utama proses penuaan.

Namun selain karena usia yang bertambah, dimana elastisitas kulit makin berkurang dan produksi lemak serta kolagen telah menurun yang menjadikan kulit kering dan keriput, ada hal lain yang membuat munculnya keriput, yakni:

1. Sinar matahari (ultraviolet)

Kulit yang terpapar sinar UV akan mengalami kerusakan elastin dan kolagen serta menyebabkan kulit keriput lebih cepat.

2. Kebiasaan merokok

Kandungan nikotin dapat menyebabkan pembuluh darah di lapisan luar kulit menyempit sehingga aliran darah terganggu, oksigen dan nutrisi berkurang.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Sifat Egois Pada Anak Tunggal

Sama halnya dengan sinar UV, kandungan kimia pada rokok juga bisa merusak kolagen dan elastin sehingga kulit jadi keriput.

3. Ekspresi

Ini mungkin terdengar sepele, tapi jika Anda sering mengernyitkan dahi atau menyipitkan mata karena kesilauan misalnya tanpa disadari akan membentuk lekukan di bawah permukaan kulit.

Dan pada usia tertentu, otot wajah akan kehilangan kelenturannya, sehingga lekukan akan makin terlihat.

4. Terlalu sering mencuci muka.

Mesi tujuan mencuci muka adalah untuk membersihkan, namun jika semakin sering mencuci muka justru akan membuat kulit iritasi dan merangsang produksi minyak berlebih.

Idealnya cukup cuci muka 2 kali sehari, dan kalau tidak melakukan aktivitas di luar ruangan, tidak pakai makeup dan tidak terlalu berkeringat, sebaiknya bilas saja muka dengan air hangat.

5. Faktor lainnya

Ada banyak hal lainnya yang menyebabkan kulit wajah berkeriput selain faktor di atas, mulai dari keturunan, perubahan hormon, hingga penurunan berat badan.

Nah sebelum wajah berkeriput, cegahlah dengan menghindari beberapa faktor penyebab di atas.

Seperti menghindari paparan sinar matahari langsung, dengan menggunakan topi dan kacamata hingga menggunakan sunscreenatau tabir surya yang memiliki minimal SPF 30 saat akan beraktivitas di luar ruangan.

Cara Menghilangkan Keriput di Wajah

Biasakan juga menggunakan pelembap ya, karena kondisi kulit kering bisa menyebabkan keriput lebih cepat.

Pakai skincare yang mengandung vitamin C yang berfungsi untuk melindungi dari kerusakan sinar ultraviolet, mengurangi kemerahan dan bintik hitam, bahkan dapat meningkatkan jumlah kolagen.

Jalani pula pola hidup sehat, salah satunya dengan berhenti merokok, kurangi stress yang bisa mempercepat penuaan, dan minum air putih yang cukup.

Lengkapi pula dengan mengonsumsi makanan bervitamin E seperti jeruk, blueberry, brokoli, bayam, atau Vitamin C dan sumber asam omega-3 seperti salmon serta beberapa jenis ikan lainnya.

Posisi tidur juga berpengaruhlho…

Usahakan tidur dengan posisi telentang, karena tidur tengkurap atau menyamping akan membuat kulit bergesekan dengan sarung bantal sehingga akan meninggalkan bekas. Lagipula berbaring telentang akan membuat lapisan atas kulit jadi lebih rileks karena tidak mendapatkan tekanan.

Untuk yang sudah terlanjur memiliki keriput di wajah dan punya budget khusus ke dokter spesialis, ada banyak cara menghilangkan keriput di wajah, antara lain:

1. Peeling

Pengelupasan kulit menggunakan asam yang bertujuan membuang lapisan atas kulit dan menumbuhkan kulit baru.

Jenis asam yang umumnya digunakan dalam prosedur ini adalah asam glikolat dan asam salisilat.

2. Dermabrasi dan mikrodermabrasi

Pada dasarnya kedua prosedur ini sama-sama bertujuan mengikis lapisan terluar kulit menggunakan alat khusus dan bertujuan meremajakan kulit.

Bedanya, dermabrasi lebih cocok dilakukan pada kulit terang, sementara mikrodermabrasi bisa dilakukan pada segala jenis kulit.

Baca Juga: 18 Cara Mempercepat Tumbuh Rambut dengan Bahan Alami. Dijamin Ampuh!

3. Suntik botoks

Suntik botoks dalam dosis kecil dapat mencegah otot berkontraksi, dan bisa menghilangkan kerutan di dahi dan sekitar mata. Namun metode satu ini hasilnya hanya bertahan 3 sampai 4 bulan.

4.Operasi plastik

Photo: suffolkplasticsurgeon.com

Cara menghilangkan keriput di wajah dengan operasi plastik, biasanya dilakukan dengan operasi tarik wajah (facelift).

Dokter akan membuang kelebihan kulit dan lemak, kemudian mengencangkan otot dan jaringan ikat di sekitarnya.

Kalau cara satu ini hasilnya bisa bertahan lebih lama, bahkan sampai 10 tahun.

5. Suntikan pengisi jaringan.

Metode ini dilakukan dengan menyuntikkan lemak, kolagen atau asam hialuronat pada keriput. Namun ini juga hasilnya hanya bertahan selama beberapa bulan.

Tentu saja cara-cara medis di atas akan memakan biaya relatif mahal.

Nah, kalau ingin mencoba cara yang jauh lebih terjangkau, jangan khawatir, ada kok beberapa bahan alami yang bisa dicoba sebagai cara menghilangkan keriput di wajah, seperti:

1. Minyak zaitun

Minyak dengan beribu manfaat ini, juga bisa lhodijadikan alternatif cara menghilangkan keriput di wajah.

Selain merupakan sumber antioksidan seperti vitamin A dan E, minyak zaitun juga bisa menangkal radikal bebas penyebab rusaknya struktur kulit.

Cara Menghilangkan Keriput di Wajah dengan minyak zaitun

Anda tinggal memijatkan secara rutin minyak zaitun ke kulit. Biarkan minyak meresap agar bisa melembabkan dan meregenerasi sel kulit.

Selain minyak zaitun, jenis minyak lain yang bisa digunakan adalah minyak kelapa dan minyak almond.

Untuk almond juga bisa langsung memanfaatkan kacangnya dengan direndam ke dalam susu mentah lalu giling almond menjadi pasta pekat.

Diamkan hingga 30 menit, lalu bersihkan wajah menggunakan air hangat.

2. Lidah buaya

Selain minyak zaitun, bahan alami lain yang dikenal kaya manfaat adalah lidah buaya. Kandungan asam malatnya dapat mengurangi kerutan di wajah dengan cara meningkatkan elastisitas kulit.

Anda hanya perlu mengoleskan ekstrak gelnya ke kulit, diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Jahe

Kandungan antioksidan dalam jahe bisa mencegah rusaknya elastin yang jadi salah satu penyebab munculnya kerutan dan garis halus.

Untuk cara menghilangkan keriput di wajah satu ini, Anda tinggal meminum teh jahe, atau mengonsumsi larutan bubuk jahe dengan madu.

4. Pisang

Kandungan vitamin, mineral dan antioksidannya dapat melawan kerutan dan garis halus.

Anda tinggal hancurkan 2 buah pisang masak, lalu oleskan ke kulit dan diamkan minimal 30 menit, serta bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Hindari Insomnia, Ini 9 Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari

Cara lain adalah dengan mencampur pisang dengan alpukat ditambah sedikit madu. Setelah dioleskan ke wajah, diamkan selama 20 menit.

5.Wortel

cara menghilangkan keriput dengan wortel

Sebagai salah satu sumber vitamin A, wortel juga baik untuk merangsang produksi kolagen.

Selain bisa dikonsumsi begitu saja, Anda bisa membuat masker dengan merebus wortel hingga lunak, lalu haluskan dengan blender bersama madu.

Oleskan ke wajah, diamkan selama 30 menit, lalu bilas memakai air hangat.

6. Lemon

Air lemon yang kaya akan asam sitrat bisa berperan sebagai exfoliator sehingga dapat mengikis sel kulit mati, dan juga merupakan astringent yang bisa memudarkan kerutan, garis halus serta tanda penuaan lain.

Anda tinggal menggosokkan sedikit air lemon ke wajah, diamkan 5-10 menit, lalu bilas.

Baca Juga: Mudah dan Murah Meriah, Ini 13 Cara Mengatasi Ketombe

Alternatif lainnya adalah dengan mencampurkan yoghurt, madu, minyak vitamin E dan air lemon, barulah oleskan ke kulit dan diamkan selama 15-20 menit.

7. Nanas

Nanas bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan keriput di wajah. Ini karena nanas mengandung enzim yang dapat meningkatkan elastisistas, melembabkan dan mengangkat sel kulit mati, termasuk ada antioksidan, tinggi serat dan vitaminnya.

Caranya sama dengan lemon, Anda tinggal gosokkan buah nanas ke kulit biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air.

Atau coba juga membuat jus dari nanas hijau lalu oleskan ke wajah, selain bisa mengatasi keriput ini juga sekaligus bisa menghilangkan lingkar hitam di sekitar mata.

Itu dia beberapa cara menghilangkan keriput di wajah yang mudah. Selamat mencoba!