8 Cara Menghilangkan Sifat Malas Ketika Berpuasa

Memang, selama berpuasa, kita diwajibkan untuk tidak makan dan minum sebelum waktu berbuka tiba. Karena merasa lemas, orang-orang cenderung malas untuk melakukan kegiatan apapun.

Padahal, bulan Ramadan adalah momen yang sangat tepat untuk beraktivitas, baik untuk bekerja maupun beribadah. Sebab, saat berpuasa, segala amal kebaikan kita akan dilipat gandakan oleh sang pencipta.

Oleh sebab itu, perlu beberapa cara menghilangkan sifat malas ketika berpuasa, agar aktivitas keseharian dan ibadah kita dapat berjalan secara lancar.

Baca Juga: 9Cara Menyembuhkan Tenggorokan Gatal. Dijamin Ampuh!

Buat kamu yang masih malas ketika berpuasa, simak baik-baik penjabaran di bawah ini ya.

1. Makan makanan bergizi seimbang saat sahur

Sama halnya dengan sarapan, makan sahur adalah sebuah kewajiban yang harus kamu penuhi ketika berpuasa. Sebab, dari sinilah sumber tenagamu berasal selama seharian beraktivitas.

Oleh sebab itu, usahakan untuk makan makanan bergizi seimbang ketika sahur, agar kebutuhan asupan gizimu tetap terjaga selama berpuasa.

Tidak harus makan dengan porsi besar, cukup perbanyak konsumsi sayur, buah, dan sereal. Serta, hindari makanan berminyak dan olahan kaming, karena hal itu bisa memicu peningkatan asam lambu saat puasa.

Selain makan makanan bergizi, perbanyaklah konsumsi air putih ketika sahur dan berbuka, agar asupan mineral untuk tubuhmu tetap terpenuhi dengan baik, serta mencegah dehidrasi ketika berpuasa.

Cara menghilangkan sifat malas ketika berpuasa ini dinilai ampuh menjaga semangatmu untuk beraktivitas seharian.

2. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup

Selain lemas, biasanya orang yang berpuasa akan mengeluhkan rasa kantuk yang ia rasakan, akibat kurang beristirahat. Umumnya, jadwal makan sahurlah yang menjadi sasaran penyebab rasa kantuk tersebut.

Namun, rasa lelah dan kantuk tersebut sebenarnya bisa saja hilang apabila kita cukup beristirahat pada malam hari. Cobalah membuat pola tidur yang sehat dengan beristirahat lebih awal.

Baca Juga: KetahuiCara Mengobati Sakit Perut pada Anak, Gejala dan Hal yang Harus Dihindari

Beristirahatlah ketika selesai mengerjakan tarawih, sehingga kamu mendapatkan waktu istirahat yang cukup, serta bangun sahur dengan keadaan lebih segar.

Selain itu, tidur siang singkat juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sifat malas di tempat kerja ketika berpuasa, lho. Hal ini bisa memberikanmu energi tambahan untuk melanjutkan pekerjaan.

3. Tetap rutin berolahraga meski saat puasa

Berat? Enggak kok, berolahraga saat berpuasa sebenarnya bisa saja kamu lakukan, asal kamu membiasakan diri untuk melakukan hal tersebut.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat-berat, cukup lakukan olahraga ringan, seperti berjalan, jogging, serta bersepeda santai. Kamu bisa melakukannya saat 30-60 menit menjelang berbuka puasa.

Selain berguna sebagai cara menghilangkan sifat malas pada saat berpuasa, rutin berolahraga saat puasa juga dapat membuat badanmu lebih fit dan bugar. Jadi enggak letoi lagi deh!

4. Atur waktu bekerja, istirahat, dan beribadah

Selain berguna sebagai cara menghilangkan sifat malas ketika berpuasa, tips yang satu ini juga berguna menjaga produktivitasmu saat bekerja.

Buatlah daftar kegiatan yang akan kamu lakukan mulai dari bangun sahur hingga sebelum tidur. Dengan begitu, kamu jadi memiliki pekerjaan pasti yang harus dilakukan selama seharian.

Atur waktu bekerja, istirahat, serta beribadah secara teratur. Agar segala aktivitas tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Baca Juga: Tidak Perlu Minum Obat! Berikut 9Cara Menurunkan Demam Tinggisecara Cepat

Namun ingat lho, kamu harus berkomitmen penuh untuk mematuhi jadwal yang telah kamu buat. Jangan sampai jadwal tersebut tidak berjalan, hingga waktumu terbuang sia-sia.

5. Berhenti menunda-nunda pekerjaan

Jika kamu termasuk orang yang suka menunda pekerjaan, hentikan kebiasaan buruk itu sekarang juga!

Tidak hanya saat berpuasa, mengerjakan pekerjaanmu secara langsung, tanpa ditunda-tunda merupakan cara menghilangkan sifat malas di dalam dirimu selamanya.

Lagipula, sifat menunda-nunda pekerjaan adalah sifat yang dapat merugikanmu. Jika kamu masih memiliki waktu untuk mengerjakannya, maka langsung tuntaskan pekerjaan tersebut.

Jangan sampai kamu menundanya, hingga seluruh pekerjaanmu menumpuk dan membuatmu kewalahan.

Selain itu, dengan banyak melakukan aktivitas ketika berpuasa, kamu jadi lupa dengan rasa lapar dan haus yang kamu alami, serta membuat waktu berpuasa terasa lebih cepat.

6. Raih pahala sebanyak-banyaknya

Raih pahala sebanyak-banyaknya

Ketika berpuasa, segala aktivitas yang kita lakukan dianggap sebagai ibadah. Bukan hanya bekerja, bahkan tidurnya orang berpuasa pundianggap sebagai ibadah dan mendapatkan pahala.

Oleh sebab itu, buah jauh-jauh rasa malas ketika berpuasa dan mulailah mencari kegiatan bermanfaat yang dapat mendatangkan pahala sebanyak-banyaknya.

Jika kamu punya waktu senggang, manfaatkan itu untuk menyempurnakan ibadah puasamu, seperti mengaji, melaksanakan sholat sunah, atau melakukan aktivitas positif lainnya.

Libatkan diri dalam kegiatan keagaman, seperti mengikuti majelis taklim dan terlibat dalam kegiatan amal.

Selain berguna sebagai cara menghilangkan sifat malas ketika berpusa, kegiatan tersebut juga dapat mengubahmu menjadi individu yang lebih baik, bukan?

7. Lakukan hobimu saat memiliki waktu luang

Menggeluti hobi juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sifat malas pada saat berpuasa, lho.

Selain kegiatan tersebut akan menyibukkan, mengembangkan minat dan bakat yang kamu miliki juga bermanfaat untuk mengenal dirimu lebih baik lagi.

Misalnya, kamu memiliki hobi membuat kerajinan tangan dan minat yang besar dalam dunia bisnis.

Kamu dapat memanfaatkan kemampuan kamu tersebut untuk membuat pernak-pernik cantik, yang kemudian bisa kamu jual untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Selain memaksimalkan potensi yang kamu memiliki, dibarengi dengan melakukan kegiatan yang positif, hobimu tersebut juga dapat menghasilkan uang.

Lumayan kan,buat bekal pulang kampung pada saat lebaran? Hehe.

8. Berikan rewardterhadap diri sendiri

Berikan reward terhadap diri sendiri

Enggak ada salahnya kok, memberi rewardatau hadiah untuk dirimu sendiri, karena sudah berhasil menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Akan tetapi, pastikan dulu segala kegiatan yang telah kamu tetapkan dalam daftar sebelumnya, sudah berjalan sesuai dengan apa yang ditargetkan.

Jika sudah, berikanlah hadiah kecil untuk dirimu sendiri, sebagai hadiah atas segala usahamu selama ini. Terdengar sedikit kanak-kanakan ya?

Baca Juga: 8Cara Menghilangkan Sifat MalasKetika Berpuasa

Namun, secara psikologis hal ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sifat malas dalam dirimu, serta senantiasa mempertahankan sifat positif yang telah kamu lakukan selama bulan Ramadan.

Nah, itu tadi delapan cara menghilangkan sifat malas ketika menjalankan ibadah puasa.

Setelah membaca penjabaran di atas, sudah enggak ada alasan lagi dong, untuk bermalas-malasan ketika berpuasa. Semoga informasi yang saya berikan kali ini bermanfaat.

Selamat berpuasa!