Ketahui Cara Mengobati Sakit Perut pada Anak, Gejala dan Hal yang Harus Dihindari

Orang tua mana yang tega melihat anaknya menderita rasa sakit. Meski wajar, sakit perut tidak bisa dianggap remeh. Oleh sebab itu, penting mengetahui bagaimana cara mengobati sakit perut pada anak.

Iya, sakit perut memang suatu hal yang biasa terjadi pada semua orang, dengan berbagai rentan usia. Namun, sakit perut juga dapat mengisyaratkan adanya gangguan kesehatan yang lebih berat terjadi pada tubuh seseorang.

Apalagi jika hal ini terjadi pada anak yang belum bisa berbicara, tentu orang tua akan sulit menerjemahkan gerakan anak yang sedang menderita nyeri pada bagian perutnya.

Oleh karenanya, sebelum kita membahas cara mengobati sakit perut pada anak, ada baiknya Anda mengetahui gejala sakit perut pada anak.

Gejala sakit perut pada anak

Banyak sekali tanda yang dapat Anda lihat pada anak ketika mereka sedang mengalami sakit perut, namun beberapa gejala di bawah dianggap sebagai gejala umum yang biasanya ditunjukkan oleh anak-anak.

Anak menjadi lebih rewel

Anak kecil rewel itu biasa, namun apabila sikapnya lebih rewel daripada biasanya, meski Anda sudah melakukan semua hal yang ia minta, hal tersebut dapat menjadi tolak ukur ada sesuatu pada kondisi anak.

Apalagi jika ditambah anak Anda menjadi susah makan, serta suka menarik kakinya ke arah perut. Hal tersebut dapat dikatakan sebagai gejala sakit perut pada anak.

Terlihat pucat, berkeringat, dan mengantuk

Gejala sakit perut pada anak

Jangankan pada anak, jika sakit perut menyerang orang dewasa pun, biasanya ia akan terlihat lebih pucat, lesu, dan tidak bersemangat akibat menahankan rasa sakit yang diderita.


Selain itu, gejala sakit perut pada anak juga dapat dilihat dari kondisi fisiknya, seperti lebih sering berkeringat, serta terlihat sering mengantuk.

Disertai dengan muntah, diare, dan demam

Hal ini merupakan gejala yang paling jelas terlihat, bahwa anak Anda tidak dalam kondisi baik.

Sakit perut bisa saja disertai dengan muntah, namun apabila sudah sampai diare dan demam, maka dokterlah yang berkah menentukan cara mengobati sakit perut pada anak Anda. Maka dari itu, jika hal ini terjadi, jangan ragu untuk memeriksakan anak Anda ya.

Menjadi lebih murung dan terlihat lemas

Jika anak Anda tergolong anak yang aktif, minta bermain anak bisa jadi tolak ukur kondisi kesehatannya. Apabila, mendadak anak lemas dan enggan bermain, bisa jadi ia sedang menahan sakit di perutnya.

Sering menggosok bagian pusar

Yang satu ini merupakan gejala yang sangat jelas dapat Anda lihat pada saat terjadi sakit perut pada anak. Biasanya, meraka akan cenderung menggosok-gosokkan perutnya, terutama bagian pusar. Sebab, pada bagian itulah lokasi rasa sakit perut yang utama.

5 Cara mengobati sakit perut pada anak

Sebagai orang tua, Anda harus jeli melihat kondisi kesehatan anak. Pasalnya, cara mengobati sakit perut pada anak tergantung pada gejala yang ia alami.

Namun, seacara umum, terdapat beberapa cara mengobati sakit perut pada anak yang dapat Anda gunakan sebagai langkah awal untuk mengurangi rasa sakit perut anak.

1. Mengompres perut dengan air hangat

Mengompres perut memang kerap dilakukan banyak orang tua ketika anaknya terserang sakit perut. Hal ini dinilai ampuh, sebab suhu hangat dapat memberikan reaksi menenangkan dan membuat perut rileks.

Selain itu, suhu air hangat juga dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh permukaan kulit, termasuk ke bagian perut yang terasa sakit, hingga akhirnya meredakan rasa nyeri pada perut anak.

Cara mengobati sakit perut pada anak menggunakan air hangat cukup gampang kok, Anda hanya perlu menuangkan air hangat ke botol atau handuk kecil, kemudian tempelkan pada bagian perut yang sakit.

2. Minum air lemon hangat

Minum air lemon hangat

Salah satu yang mengakibatkan sakit perut adalah makanan yang tak dapat dicerna dengan baik di perut. Itulah alasan, meminum air lemon hangat dinilai ampuh sebagai cara mengobati sakit perut pada anak.

Pasalnya, sifat asam dari buah lemon dapat membantu sebagai pemecah makanan, sehingga memudahkan sisa makanan dalam perut bergerak melalui sistem pencernaan.

Peraslah setengah buah lemon dan campurkan ke dalam segelas air hangat. Agar tidak terlalu asam untuk anak-anak, tambahkan pula madu sebagai rasa manis pada minuman.

3. Mengkonsumsi yoghurt

Bakteri baik yang terkandung di dalam yoghurt dapat membantu untuk meringankan rasa nyeri akibat terganggunya sistem pencernaan anak.
Selain itu, kandungan probiotik pada yoghurt juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Tidak perlu mencampurkan yoghurt dengan apapun, Anda hanya perlu menyuapkannya sebagai cara mengobati sakit perut pada anak dengan yoghurt.

4. Meminum secangkir teh peppermint

Cara mengobati sakit perut pada anak dengan meminum teh peppermint sangat tepat digunakan, teruma apabila sakit perut anak disertai dengan rasa mual.

Sebab, kandungan mentol pada teh peppermint merupakan analgesik alami yang dapat mengurangi rasa mual dan juga meredakan rasa nyeri pada perut.

Anda dapat membuat secangkit teh peppermint atau mencampurkannya sebagai bahan makanan, untuk kemudian dikonsumsi oleh si kecil.

5. Rendam perut dengan air tajin

Rendam perut dengan air tajin

Ketika anak mengalami sakit perut, jangan buang air sisa memasak nasi ya. Sebab, air sisa memasak nasi atau air tajin ternyata ampuh sebagai cara mengobati perut pada anak, lho.

Hal ini dikarenakan, air tajin dipercaya mampu membentuk lapisan yang akan melindungi dan mengurangi peradangan pada perut.

Tuangkan air tajin ke dalam cangkir dan tambahkan madu sebagai perasa manis, agar anak Anda mau meminum air tersebut.

Hal yang harus dihindari ketika anak sakit perut

Mengetahui penyebab dan juga cara mengobati sakit perut pada anak itu penting, namun mengetahui hal-hal yang harus Anda hindari ketika buah hati mengalami sakit perut juga tak kalah pentingnya.

Agar kondisi sakit perut anak tidak semakin parah, hindari melakukan hal-hal berikut ini:

  • Jangan biarkan dan memberikan makanan berminyak ataupun gorengan pada anak
  • Jangan sembarang memberikan obat resep dokter;
  • Jangan asal memberi obat herbal ke perut anak tanpa ada rekomendasi dari dokter;
  • Sama halnya dengan obat hermal, hindari memberikan jamu rumahan kepada anak; serta,
  • Jika sakit sudah melebihi 24 jam, serta muntah-muntah selama 6 jam, segera bawa anak ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.
    Itu tadi beberapa hal yang harus Anda ketahui ketika anak terserang sakit perut. Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat.

    Selamat mencoba!