Cara Mengobati Stres Pikiran Secara Mandiri dan Waktu Yang Tepat Untuk Mencari Bantuan Profesional

Semua orang pasti pernah merasakan stress. Stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini umumnya muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan ini bisa berasal dari dalam diri atau dari luar.

Stres pikiran menampakkan diri dengan berbagai cara. Sebagai contoh, seorang individu yang sedang stres berat mungkin mengalami tekanan darah tinggi, jadi mudah jengkel, sulit membuat keputusan yang bersifat rutin, kehilangan selera makan, rentan terhadap kecelakaan, dan sebagainya.

Memang tidak ada cara untuk menghindarinya. Namun, ada cara mengobati stres pikiran yang bisa anda coba secara mandiri alias tanpa bantuan orang lain atau profesional.

1. Konsumsi makanan sehat

Meski faktor psikologis mempunyai porsi terbesar pada timbulnya stres, faktor fisik juga ikut berkontribusi terhadap respons alamiah manusia. Cara mengobati stres pikiran, pastikan anda memperlakukan tubuh dengan benar.

Baca Juga: 11 Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur agar Tidur Lebih Berkualitas

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makan sehat. Makanan yang mengandung kadar alkali antara lain lemon, kacang, bawang, nanas, biji labu, raspberry, ubi jalar, jus sayuran, dan semangka bisa jadi cara mengobati stress pikiran yang ampuh.

2. Bangun lebih awal

Memang benar jika semakin banyak tidur, anda akan lebih sedikit rentan pada stres. Cara mengobati stres pikiran selanjutnya adalah dengan bangun 15 atau 20 menit lebih awal setiap pagi. Hal ini lebih memiliki manfaat daripada tidur lebih lama.

Dengan tambahan waktu, anda tidak akan merasa terburu-buru atau mudah letih di pagi hari. Hal ini memungkinkan anda menghindari diburu waktu, mempersiapkan diri dengan lebih baik, dan makin percaya diri.

3. Ubah stres pikiran jadi motivasi

Anda tak akan pernah bisa menghilangkan 100 persen stres. Cara mengobati stres pikiran adalah dengan membiarkan stres itu sendiri memotivasi anda.

Reaksi psikologis dan fisik yang disebabkan oleh stres seharusnya dapat meningkatkan indera dan memberdayakan kita untuk melawan atau melarikan diri ancaman stres itu sendiri.

Jika anda tertekan oleh banyaknya pekerjaan di minggu ini, cobalah untuk mengambil waktu lembur setidaknya lebih 3 jam dan ulangi di esok hari. Jika anda tertekan karena penghasilan terlalu sedikit, bagaimana?

Carilah pekerjaan sampingan untuk mendapatkan lebih banyak uang. Mengambil tindakan adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membunuh stres, ketimbang hanya meratapi diri dengan tidak melakukan apa pun yang berarti.

4. Tonton video lucu dan dengarkan musik favorit

Cara mengobati stres pikiran paling mudah adalah dengan menonton video lucu di mana pun saat ada kesempatan. Penelitian menunjukkan jika melihat sesuatu yang menyenangkan dapat mengaktifkan bagian otak yang menghasilkan respons ketenangan secara fisiologis dan ketenangan secara menyeluruh.

Hal ini dapat mengurangi kecemasan dan anda akan lebih dimanjakan dengan kebahagiaan.

Cara mengobati stres pikiran selanjutnya adalah dengan mendengarkan lagu favorit atau musik yang santai nan menenangkan. Emmeline Edwards dari National Institutes of Health, mengatakan terapi musik juga bisa membuat seseorang rileks.

Baca Juga: 18 Cara Mempercepat Tumbuh Rambut dengan Bahan Alami. Dijamin Ampuh

Indera pendengaran terhubung dengan otak yang menghubungan sistem motorik, serta regulasi emosi. Bahkan, penelitian menunjukkan musik dapat membantu orang-orang mengatasi gangguan yang berhubungan dengan stres, depresi ringan, dan kecemasan.

5. Berjalan-jalan di luar dan mencari udara segar

Cara mengobati stres pikiran selanjutnya adalah dengan berjalan-jalan di luar rumah. Sama seperti aktivitas kardiovaskular lainnya, berjalan meningkatkan endorfin dalam tubuh. Endorfin akan meredakan depresi ringan dan meningkatkan suasana hati.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di luar rumah adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Hal ini dapat meningkatkan tingkat energi dan memori sebanyak 20 persen. Studi di UK menjelaskan jalan-jalan di ruang hijau mengirim pesan pada otak di mana anda sedang melakukan meditasi.

Berjalan-jalan di luar juga akan membuat anda mendapatkan udara segar. Monique Tello, seorang dokter di Rumah Sakit Umum Massachusetts, mengatakan bahwa kadang-kadang, pergi keluar untuk udara segar adalah pilihan yang bagus. Strategi ini akan sangat bagus untuk orang-orang yang sering merasa gelisah atau sulit berkonsentrasi saat belajar atau bekerja.

6. Kurangi penggunaan ponsel, coba aplikasi meditasi

Terus-menerus memeriksa ponsel hanya akan menambah stres. Cara mengobati stres pikiran paling mudah dan cepat adalah dengan menjauhkan ponsel. Dengan begitu, anda bisa fokus pada diri sendiri dan bagaimana perasaan anda. Berlatihlah dengan napas perlahan, tutup mata anda, dan ubah pikiran untuk selalu bersyukur.

Ketimbang selalu memerikasa ponsel untuk pesan-pesan dan informasi-informasi yang membuat anda tertekan, ada baiknya ada mencoba menggunakan apilkasi meditasi dari ponsel anda tersebut.

Aplikasi populer seperti Headspace atau Insight Timer memiliki ratusan pilihan meditasi yang dapat membantu anda mengatasi emosi hingga membantu mengurangi kecemasan dan depresi.

Cara mengobati stres pikiran dengan aplikasi meditasi ini terbilang mudah sekali karena bisa menggantikan peran instruktur atau terapis. Stres Pikiran Tak Kunjung Hilang, Kapan Harus Mencari Bantuan Profesional?

Stres adalah hal normal yang pernah dialami oleh setiap orang. Stres yang normal memang bisa memberikan dampak positif, misalnya membantu anda bekerja lebih cepat ketika sedang mengejar masa tenggat waktu. Namun hati-hati, kondisi stres bisa berdampak negatif jika sering terjadi dan berkepanjangan.

Jika cara mengobati stres pikiran secara mandiri sudah anda lakukan namun belum berhasil juga, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional. Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mencari bantuan medis.

Tidak perlu merasa malu, seperti kesehatan fisik, kesehatan mental juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan.

Stres pikiran akan selalu ada karena merupakan bagian dari hidup. Menghindari stres bisa dilakukan dengan cara mengelola stres dengan baik atau setidaknya jangan biarkan stres berlebihan. Kenali gejala stres dan pahami berbagai konsekuensi stres jangka panjang bagi kesehatan tubuh dan jiwa anda.

Stres berlebihan atau stres jangka panjang umumnya ditandai dengan berkembangnya berbagai gangguan kesehatan yang cukup serius, seperti depresi, gangguan makan, obesitas, disfungsi seksual, rambut rontok, dan gangguan kepribadian.

Jika anda atau kerabat mengalami stress pikiran jangka panjang, segera temui dokter untuk berkonsultasi mengenai apa yang dirasakan dan dialami. Karena stres berat dan berkepanjangan akan merusak kesehatan secara umum.

Baca Juga: Terbukti! Tips Agar Cepat Tidur Ini Dapat Membuatmu Terlelap Dalam Waktu Singkat

Jika diperlukan, dokter akan merujuk anda pada seorang psikolog atau psikiater yang akan membantu anda menangani stress pikiran berkepanjangan tersebut.

Lagi, tak perlu merasa malu untuk mencari bantuan profesional jika cara mengobati stres pikiran secara mandiri tidak kunjung berhasil.

Pertanyaannya, apakah anda akan merasa malu untuk pergi ke dokter karena diabetes? Kalau tidak, mengapa harus malu untuk pergi ke dokter karena stress pikiran? Toh, keduanya sama-sama sakit yang ingin disembuhkan.

Keep it positive!