11 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Dalam Lingkungan Sosial

Rasa percaya diri adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki setiap manusia sebagai makhluk sosial. Sayangnya, pribadi serta pengalaman hidup yang berbeda-beda membuat sebagian orang memiliki kepercayaan diri yang rendah.

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri yang rendah akan berpengaruh pada banyak aspek kehidupan, khususnya yang berhubungan dengan lingkungan sosial. Jika anda merasa memiliki masalah dengan rasa percaya diri, berikut cara-cara meningkatkan kepercayaan diri yang bisa anda coba lakukan.

1. Kenali kelebihan dan bakat anda

Kenali kelebihan dan bakat anda

Mengenali diri sendiri adalah langkah paling awal dalam cara-cara meningkatkan kepercayaan diri. Sering kali orang merasa inferior atau rendah diri sehingga tidak punya kepercayaan diri karena merasa dirinya tidak bisa apa-apa. Padahal, ia hanya belum menyadari apa potensi atau bakat yang ia miliki.

Baca Juga: Hindari Insomnia, Ini 9 Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari

Merenunglah dan lihat ke dalam diri anda, kelebihan apa yang anda punya. Semua orang memiliki bakat entah itu bakat sejak lahir ataupun bakat yang diasah secara terus menerus seperti hobi.

Hampir semua orang memiliki kesalahan yaitu tidak mengenali dirinya sendiri dan tidak mampu mengetahui bakat yang ada dalam dirinya.

Setiap orang mungkin memang memiliki kelemahan, namun percayalah bahwa dibalik kekurangan tersebut tersimpan juga kelebihan tertentu.

Masing- masing orang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda- beda, sehingga tidak bisa jika anda ingin disamakan atau ingin menjadi seperti orang lain.

Menemukan bakat yang membuat anda menjadi berbeda dari orang lain justru adalah cara meningkatkan kepercayaan diri paling ampuh.

Bakat juga bisa berasal dari kebiasaan atau hobi yang disukai. Atau suatu aktivitas yang sering dilakukan dan mampu dilaksanakan dengan baik. Bakat tidak memiliki batasan dan meskipun sama dengan orang lain, tingkat kemampuannya tetap memiliki perbedaan.

Nah, ketika anda tidak sebaik orang lain, janganlah minder. Karena bakat itu butuh untuk diasah dan paparan yang lebih sering untuk bisa meningkatkan kemampuannya.

Lakukan hobi tersebut setiap hari dan berkumpullah dengan orang- orang dengan hobi yang sama. Belajarlah dari orang lain. Anda akan mendapatkan beberapa kesulitan yang mungkin terasa berat, namun jangan menyerah.

Lakukan dengan hati senang dan berusahalah secara optimal. Pada intinya, salah satu cara meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan menemukan apa daya tarik anda dan melakukannya secara rutin.

2. Jadilah orang yang berpikir positif

Jadilah orang yang berpikir positif

Berlatih menjadi orang yang selalu berfikir positif adalah cara meningkatkan kepercayaan diri yang sangat penting, meski memang sulit dilakukan khususnya untuk orang yang terbiasa berpikir negatif pada dirinya sendiri.

Nyatanya, menjadi orang yang berpikiran negatif akan menguras energi anda, baik dalam hal fisik maupun pikiran. Orang dengan pikiran negatif hidupnya cenderung tidak nyaman dan selalu memiliki kekhawatiran.

Sedangkan orang dengan pikiran positif dapat hidup dengan tenang dan damai. Baginya, semua hal atau kejadian terjadi karena alasan yang baik, jika tidak terasa baik untuk saat ini, maka baik untuk masa depan.

Baca Juga: 15 Tips Pacaran LanggengSampai Ke Pelaminan

Hal ini dapat menjadi cara meningkatkan kepercayaan diri karena anda akan lepas dari rasa khawatir yang tidak perlu dalam banyak hal.

3. Tentukangoalsuntuk diri sendiri

Cara meningkatkan kepercayaan diri berikutnya adalah dengan menentukan goals untuk diri sendiri. Menilai diri sendiri bukanlah hal yang mudah, dengan membuat goals pribadi, anda bisa mengukur serta menilai perkembangan diri anda sendiri.

Orang yang mampu menilai dirinya sendiri akan menjadi lebih bijaksana dan tidak asal menilai orang lain. Dengan kemampuan ini juga, seseorang akan mampu menyadari kekurangan orang lain dan diri sendiri, sehingga ia akan menjadi lebih percaya diri jika ia berhasil meraih pencapaiannya sendiri.

Tentukan pencapaian-pencapaian jangka pendek dan jangka panjang. Beri tolak ukur yang masuk akal. Apabila anda berhasil mencapai hal tersebut, maka anda harus percaya pada kemampuan diri anda. Jika belum berhasil, jadikan hal tersebut bahan introspeksi diri yang bisa membuat anda lebih baik di kemudian hari.

4. Tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain

Masing masing orang tumbuh dengan caranya masing-masing yang tentu saja tidak sama. Maka, haram hukumnya untuk membanding-bandingkan diri anda dengan orang lain.

Nyatanya, sebagian besar orang memiliki kepercayaan diri yang rendah akibat terlalu sering dibanding-bandingkan dengan orang lain oleh orang-orang terdekat seperti keluarga.

Perbandingan yang tidak sehat ini akan membuat seseorang merasa dirinya tidak berguna dan tidak bisa apa-apa. Jangan sampai anda melakukan hal bodoh yang sama seperti orang-orang yang membandingkan diri anda dengan orang lain.

Rumput tetangga memang selalu tampak lebih hijau, namun bangunlah rasa percaya diri bahwa semua orang punya perjalanannya masing-masing dengan rute yang berbeda-beda serta tujuan yang berbeda juga.

Pengalaman hidup yang berbeda pada masing-masing orang akan membentuk karakter yang berbeda pula.

Akan lebih baik jika anda membandingkan diri dengan diri anda sendiri di masa lalu. Perubahan baik apa yang sudah anda capai? Anda akan menemukan hal ini sebagai cara meningkatkan kepercayaan diri yang membuat anda lebih menghargai perkembangan diri anda dari waktu ke waktu.

5. Tingkatkan interaksi sosial

Tingkatkan interaksi sosial

Salah satu cara meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan meningkatkan interaksi sosial. Orang yang tidak percaya diri cenderung menarik diri dari lingkungan sosialnya, padahal, hal tersebut akan membuat dirinya semakin kehilangan rasa percaya diri.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Sifat Egois Pada Anak Tunggal

Banyak-banyaklah belajar dari berbagai macam sumber informasi. Bisa dari teman, tetangga, majalah, media elektronik dan lainnya. Tingkatkan pengetahuan anda mengenai berbagai hal.

Hal ini membantu anda dalam interaksi sosial dimana pengetahuan yang anda miliki mungkin berguna untuk berbagi informasi dalam kelompok.

Sering- seringlah bermain atau berkumpul dengan orang lain, hindari menyendiri atau hanya hidup dalam hobi yang bersifat personal saja. Interaksi sosial dalam masyarakat sangat membutuhkan orang- orang dengan wawasan yang luas.

Jika anda berhasil menggunakan wawasan yang anda miliki dalam interaksi sosial, kepercayaan diri anda akan meningkat karena anda akan merasa diterima dan masuk ke dalam kelompok sosial tersebut.

6. Perhatikan penampilan

Penampilan juga merupakan komponen esensial dalam cara-cara meningkatkan kepercayaan diri. Penampilan yang baik memberikan efek percaya diri yang lebih tinggi. Ketahuilah kapan dan kostum seperti apa yang perlu anda pakai dalam acara tertentu.

Gunakan baju yang rapi dan bagus ketika berada di acara resmi. Sesuaikan perpaduan warna antara elemen elemen berpakaian. Gunakan baju atau riasan yang tidak berlebihan dan cocok atau sesuai dengan acara.

Jika anda tidak memiliki banyak pengetahuan dalam hal tersebut, maka cari tahu dan pelajari tentang bagaimana berpenampilan yang menarik.

7. Selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki

Bersyukurlah pada apa yang ada dalam diri. Misalnya mengenai wajah, penampilan tubuh, kemampuan, skill, ekonomi keluarga, kondisi keluarga, dan lain sebagainya.

Ketika anda menjadi orang yang bersyukur pada apa yang anda punya, maka anda akan lebih percaya diri dalam menghadapi hidup. Janganlah merasa minder dengan apa yang anda punya. Selalu bersyukur adalah cara meningkatkan kepercayaan diri yang harus anda lakukan.

8. Terbuka dengan diskusi

Berbagi pendapat dan saling berdiskusi merupakan cara meningkatkan kepercayaan diri yang baik karena dapat menambah wawasan diri. Semakin tinggi wawasan, maka semakin tinggi pula rasa percaya diri.

Orang dengan wawasan tinggi mampu merencanakan dan memprediksi banyak hal dalam hari-harinya. Sehingga rasa percaya diri untuk menghadapi aktivitas harian pun juga tinggi.

Selain itu, terbiasa berdiskusi akan membuat anda terbiasa mengeluarkan pendapat. Meski awalnya pasti sangat sulit, belajar mengeluarkan pendapat di lingkungan sosial adalah cara meningkatkan kepercayaan diri yang sangat berpengaruh besar.

9. Coba tersenyum dan ramah pada orang lain

Kepercayaan diri yang rendah akan membuat kita merasa tidak pantas atau tidak cocok masuk ke dalam lingkungan sosial tertentu. Orang dengan kepercayaan diri yang rendah cenderung bersikap acuh tak acuh pada lingkungan sosialnya karena merasa lingkungan sosialnya pun tidak peduli dengan keberadaaanya.

Cara meningkatkan kepercayaan diri dalam lingkungan sosial yang harus anda lakukan adalah dengan mencoba seramah mungkin pada orang-orang disekitar.

Karena percayalah, pemikiran bahwa anda tidak dianggap hanya ada dalam kepala anda saja. Orang-orang sekitar peduli dengan keberadaaan anda, namun merasa tidak nyaman dengan “dinding” anda yang membatasi interaksi sosial.

Siapa yang tidak suka diperlakukan dengan baik oleh orang lain? Nah, jika anda ingin diperlakukan dengan baik, anda juga harus melakukannya.

Cobalah untuk senyum dan menyapa orang-orang di sekitar lingkungan anda. Senyum dan keramahan yang ikhlas bisa “menular”. Senyuman juga bisa membuat seseorang menjadi lebih percaya diri terhadap lingkungan sekitarnya.

10. Maafkan diri sendiri atas kesalahan yang dibuat

Jangalah enggan untuk mengakui kesalahan yang telah dilakukan. Memberitahu apa yang terjadi adalah hal terbaik untuk memperbaiki keadaan. Karena apabila kesalahan disembunyikan maka hati tidak tenang begitu juga perasaan minder akan terus ada.

Setiap orang pastinya pernah melakukan kesalahan. Namun, bila anda terus-terusan menyesali kesalahan dan tidak bisa move on, anda akan terus dihantui olehnya dan selalu merasa minder.

Maka, belajarlah untuk memaafkan diri anda sendiri. Dengan begitu, anda bisa fokus menata masa depan dengan lebih percaya diri karena pengalaman sudah mengajarkan anda apa yang harus diperbaiki.

11. Berfikirlah bahwa proses adaptasi itu wajar

Kesalahan pertama yang sering kali dilakukan orang yang kepercayaan dirinya rendah adalah mundur di waktu-waktu awal karena merasa tidak bisa, atau bahkan tidak mau mencoba sama sekali. Padahal, cara meningkatkan kepercayaan diri salah satunya adalah dengan menyadari bahwa proses adaptasi adalah wajar dialami semua orang.

Meski lama prosesnya berbeda-beda dari satu orang ke orang lainnya, proses adaptasi adalah bagian dari proses berkembangnya diri yang harus anda lalui.

Jangan sampai anda menyerah di tengah proses adaptasi ini karena merasa tidak bisa. Anda hanya memerlukan sedikit waktu untuk bisa melewatinya dan meningkatkan rasa percaya diri anda di bidang tersebut.

Itu dia 11 cara meningkatkan kepercayaan diri untuk anda yang selama ini merasa kesulitan untuk terlibat aktif dalam lingkungan sosial. Terus berkembang, ya!