Tidak Perlu Minum Obat! Berikut 9 Cara Menurunkan Demam Tinggi secara Cepat

Jika terserang demam biasanya suhu badan kita akan meningkat, hingga menyebabkan pusing, lemas, dan juga meriang. Jika sudah begitu, segala aktivitas yang hendak kita lakukan pun akan terganggu.

Oleh karenanya, penting untuk mengetahui cara menurunkan demam tinggi secara cepat dan ampuh, tanpa perlu bantuan obat penurun panas.

Perlu digaris bawahi, bahwasannya demam sebenarnya bukan sebuah penyakit, melainkan sebuah gejala akan datangnya sebuah penyakit yang akan menyerang Anda.

Beristirahatlah, maka demam tersebut akan turun dengan sendirinya tanpa perlu mengkonsumsi obat.

Namun, apabila demam tersebut sudah sangat mengganggu, maka diperlukan tindakan pencegahan awal, untuk menanggulangi semakin meningkatnya suhu badan.

Maka dari itu, hari ini saya akan memberikan beberapa cara menurunkan demam tinggi secara cepat, tanpa bantuan obat penurun panas. Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya.

1. Kompres dengan air hangat

Kompres dengan air hangat

Mengompres dahi dengan air hangat merupakan cara paling umum yang masyarakat lakukan ketika terserang demam. Memang, hal ini dinilai ampuh sebagai cara menurunkan demam tinggi.

Pasalnya, pembuluh darah yang melebar akibat suhu hangat dapat memicu produksi keringat dan mempermudah pengeluaran panas dari tubuh, sehingga membuat suhu tubuh akan turun dari dalam.

Oh iya, beberapa orang juga menggunakan kompres air dingin untuk menurunkan panas. Namun, cara tersebut ternyata keliru.

Sebab, suhu dingin menyebabkan tubuh malah merasa terancam, hingga meningkatkan suhu panas dalam badan.

1. Perbanyak konsumsi air putih

Anggapan air putih merupakan obat dari segala penyakit nampaknya ada benarnya. Menurut dokter William Schaffner dari Vanderbilt School of Medicine, cara menurunkan demam tinggi paling ampuh adalah dengan banyak minum air putih hangat.

Hal ini disebabkan, uap dari minuman dan makanan panas dapat mengencerkan lendir yang menyumbat hidung dan juga memicu produksi keringat, yang dapat membantu menurunkan suhu badan.

2. Banyak mengkonsumsi buah

Banyak mengkonsumsi buah

Tidak heran kan,jika ketika menjenguk orang yang sedang sakit, orang-orang akan membawa buah sebagai bingkisan. Sebab, ternyata mengkonsumsi buah berguna sebagai cara menurunkan demam tinggi.

Pilihlah buah-buahan yang kaya akan vitaminc C dan antioksidan, seperti jeruk, jambu biji, kiwi, pepaya, stroberi, nanas, dan mangga.

Pasalnya, buah dengan kandungan tersebut dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi dan mempercepat penyembuhan.

4. Mandi dengan air hangat

Sama halnya dengan mengompres badan, jangan mandi dengan air dingin ketika Anda terserang demam. Sebab, hal itu akan menyempitkan dan memperlambat aliran darah menuju ke lokasi peradangan.

Selain itu, perbedaan suhu dari panas ke dingin, dapat membuat suhu tubuh anjlok secara tiba-tiba, serta bisa memicu badan menjadi menggigil.

Oleh karenanya, mandi air hangat dapat digunakan sebagai cara menurunkan demam tinggi secara bertahap.

5. Mengenakan kaus kaki basah

Mengenakan kaus kaki basah

Cara menurunkan demam tinggi berikut ini mungkin akan terdengar sedikit aneh, namun mengenakan kaus kaki basah selama Anda tidur terbukti ampuh menurunkan suhu badan, lho.

Caranya gampang, rendam sepasang kaus kaki katun ke dalam air, peras sisa air dalam kaus kaki, kemudian tempelkan kaus kaki tersebut di telapak kaki Anda, persis seperti mengompres dahi.

Setelah siap, ambil sepasang kaus kaki tebal yang kering, untuk melapisi kaus kaki basah tersebut. Biarkan semalaman pada saat tidur, kemudian lepaskan keesokan paginya.

Penjelasannya seperti ini, ketika Anda tidur, tubuh akan mulai melepas dan mengedarkan cairan getah bening, serta aliran darah yang lebih kencang ke ujung-ujung kaki.

Hal tersebut terjadi untuk merangsang aktivitas sistem imun tubuh kita, guna menanggulangi serangan  suhu dingin pada area tersebut.

6. Mengkonsumsi air jahe

Tidak hanya buah-buahan, tumbuhan herbal seperti jahe punsangat bermanfaat untuk meredakan panas.

Hal ini di sebabkan, kandungan antibakteri yang terdapat pada jahe dapat menangkal serangan virus, serta menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Cara menurunkan demam tinggi menggunakan jahe juga cukup sederhana, Anda hanya menggeprek jahe tersebut, kemudian rebus dengan air panas.

Jika mau, Anda juga dapat menambahkan madu untuk memberikan rasa manis pada ramuan jahe.

7. Membalurkan bawang merah ke sekujur tubuh

Membalurkan bawang merah ke sekujur tubuh

Selain mengkonsumsi air jahe, cara menurunkan demam tinggi dengan bawang merah juga cukup populer digunakan oleh masyarakat.

Penaplikasiannya juga gampang, cukup tumbuh bawang merah hingga hancur, lalu campurkan dengan minyak esensial atau minyak telon.

Balurkan kesekujur tubuh dan lakukan pemijatan ke bagian-bagian tubuh, agar suhu panas dapat berangsur-angsur menurun.

8. Meminum air kelapa muda

Ketika demam, cairan dalam tubuh akan berkurang secara drastis. Padahal, badan kita membutuhkan banyak cairan untuk pembakaran, hingga mengeluarkan suhu panas lewat keringat.

Oleh sebab itu, selain mengkonsumsi air putih, meminum air kelapa muda juga dirasa ampuh sebagai cara menurunkan demam tinggi.

Khasiat air kepala sebagai pengganti ion tubuh sangat berguna untuk mencegah dehidrasi pada tubuh Anda. Meski demikian, harus dibarengi dengan minum air putih yang banyak juga ya.

9. Meminum air perasan kunyit

Meminum air perasan kunyit

Selain jahe dan bawang merah, bumbu dapur lain yang berguna menurunkan suhu tubuh adalah kunyit.

Iya, kandungan kurkumin pada kunyit memiliki banyak sekali manfaat, terutama sebagai penangkal virus dan melawan berbagai macam penyakit.

Kurkumin sendiri bertindak sebagai antibakteri, antivirus, antifungal, dan antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia.

Parutlah 3-4 batang kunyi dan siram parutan tersebut dengan air panas. Setelah itu, diamkan kunyit yang basah hingga berubah menjadi dingin.

Setelah dingin, peras parutan kunyit dan campurkan airnya dengan perasaan jeruk nipis serta 2 sendok makan madu, sebagai penambah rasa manis pada ramuan.

Apabila sudah selesai, minumlah ramuan tersebut secara teratur tiga kali sehari, sampai panas di badan Anda berangsur-angsur menurun.

Itu tadi cara menurunkan demam tinggi menggunakan kunyit yang dapat Anda coba di rumah.

Bagaimana, apakah tips yang saya berikan di atas bermanfaat? Nantikan ulasan menarik lainnya mengenai kesehatan, kecantikan, dan lain-lain di laman ini ya.

Terima kasih sudah membaca, selamat mencoba!