9 Cara Menyembuhkan Tenggorokan Gatal. Dijamin Ampuh!

Tenggorokan gatal bukan hanya menyebabkan rasa tidak nyaman, namun juga dapat mengganggu aktivitas. Agar hal itu tidak terjadi, penting untuk mengetahui cara menyembuhkan tenggorokan gatal.

Apalagi pada saat berpuasa, kurangnya asupan mineral yang masuk ke dalam tubuh, membuat tenggorokan menjadi kering dan terasa gatal.

Selain itu, berbagai faktor lain, seperti reaksi alergi, perubahan cuaca secara ekstrim, polusi udara, hingga reaksi infeksi seperti flu, turut menjadi penyebab terjadinya rasa gatal pada tenggorokan.

Meski bukan tergolong dalam gangguan kesehatan serius, namun tenggorokan gatal juga dapat menjadi gejala kondisi yang lebih serius lho, seperti radang tenggorokan, amandel, sampai dengan asma.

Kamu tentu enggak mau dong, hal tersebut sampai menimpa dirimu? Oleh sebab itu, berikut cara menyembuhkan tenggorokan gatal secara ampuh dan mudah, yang dapat dilakukan di rumah.

1. Perbanyak konsumsi air putih

 Perbanyak konsumsi air putih

Terpenuhinya kebutuhan asupan cairan tubuh adalah hal yang penting untuk dilakukan dalam pengobatan radang tenggorokan.

Pasalnya, apabila tubuh kekurangan cairan, maka ia tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan agar tetap lembab.

Hal ini akan menyebabkan pembengkakan serta menimbulkan rasa gatal. Maka, perbanyak meminum air putih adalah cara menyembuhkan tenggorokan gatal yang penting untuk dilakukan.

2. Berkumur dengan air garam

Selain perbanyak konsumsi air putih, berkumur dengan air garam merupakan cara menyembuhkan tenggorokan gatal yang paling umum dilakukan oleh banyak orang.

Cara yang satu ini dinilai cukup ampuh. Pasalnya, berkumur dengan air garam selama beberapa kali sehari dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lender.

Baca Juga: Tidak Perlu Minum Obat! Berikut 9Cara Menurunkan Demam Tinggisecara Cepat

Selain itu, air garam juga dapat membantu membilas bakteri dan virus penyebab iritasi, sehingga dapat meringankan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Oh iya, kamu juga bisa menambahkan sedikit madu pada air larutan garam, apabila rasa asin pada larutan tersebut sudah tidak tertahankan.

3. Berkumur dengan air perasan lemon

Berkumur dengan air perasan lemon

Tahukah kamu jika air meminum air lemon dapat dijadikan sebagai cara menyembuhkan tenggorokan gatal secara ampuh?

Iya, kandungan astringent yang terdapat pada jus lemon berfungsi membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan.

Selain itu, astringent juga dapat menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan.

Caranya, campurkan sesendok teh air perasan lemon ke dalam secangkir air hangat, serta gunakan air tersebut untuk berkumur.

4. Berkumur dengan air kunyit

Siapa sangka rempah dapur ini dapat digunakan sebagai cara menyembuhkan tenggorokan gatal?

Iya, hal ini disebabkan kunyit sendiri merupakan agen antiokdisdan yang sangat kuat dan juga bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Baca Juga: 8Cara Menghilangkan Sifat MalasKetika Berpuasa

Caranya gampang kok, cukup campurkan setengah sendok kunyit bubuk dan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat.

Jika sudah gunakan cairan tersebut untuk berkumur, dan ulangi cara tersebut selama beberapa kali.

Selain air hangat, kamu juga bisa mencampurkan kunyit dengan segelas susu, agar kuatnya rasa kunyit bisa sedikit ternetralisir dengan susu.

5. Berkumur dengan cuka apel

Berkumur dengan cuka apel

Tingginya sifat asam yang terdapat di dalam cuka apel berfungsi sebagai pelindung tenggorokan dari bakteri dan virus yang menyebabkan radang tenggorokan.

Cara menyembuhkan tenggorokan gatal menggunakan cuka apel adalah, berkumur dengan larutan cuka sari apel dan garam.

Sediakan satu sendok makan cuka apel yang dicampurkan dengan dua sendok teh garam. Kemudian larutkan ke dalam segelas air hanta, dan gunakan larutan tersebut untuk berkumur.

6. Menggunakan obat kumur dan permen pelega tenggorokan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab gatalnya tenggorokan di antaranya karena kondisi tenggorokan yang kering.

Dengan menghisap permen pelega tenggorokan akan membuat produksi air liur dalam mulut, serta membuat tenggorokan basah dan sebagai cara menyembuhkan tenggorokan gatal.

Selain itu, beberapa permen pelega tenggorokan mengandung ekstrak menthol, peppermint, atau eucalyptus, bahan yang bisa memberikan efek sejuk dan mati rasa sejenak pada jaringan tenggorokan.

Baca Juga: Terbukti!Tips Agar Cepat TidurIni Dapat Membuatmu Terlelap Dalam Waktu Singkat

Pasalnya, ketiga bahan ini memiliki kandungan anti-peradangan, antibakteri, dan antivirus yang dapat mendorong proses penyembuhan.

Jika menghisap obat kumur tidak memberikan efek signifikan pada tenggorokanmu, maka berkumurlah secara teratur menggunakan obat kumur mentol.

Obat kumur mentol sendiri dipercaya dapat mengurangi iritasi dan rasa gatal di tenggorokan.

7. Menggunakan obat pereda nyeri

Menggunakan obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri atau NSAID memang cara menyembuhkan tenggorokan gatal paling ampuh dan paling cepat efeknya yang dirasakan.

Obat-obatan seperti aspirin, parasetamil, atau ibuprofen adalah kombinasi dari obat penghilang rasa sakit dan anti peradangan, sehingga dapat mengurangi pembengkakan pada tenggorokan.

Namun, tidak semua iritasi tenggorokan, seperti nyeri dan gatal tenggorokan memerlukan antibiotik. Pemberian antibiotik hanya akan efektif jika gejala yang muncul disebabkan oleh infeksi bakteri.

Untuk memastikan apakah kamu membutuhkan antibiotik, maka periksakanlah dirimu ke dokter.

8. Berhenti dari kebiasaan yang menyebabkan tenggorokan gatal

Kita sadari atau tidak, sebagian besar penyebab tenggorokan gatal karena kebiasaan buruk yang kita pelihara sendiri, seperti banyak mengkonsumsi soda, teh, kopi, yang notabenenya penyebab dehidrasi.

Daipada mengobati, cara menyembuhkan tenggorokan gatal yang terbaik adalah dengan mencegahnya untuk terjadi, bukan?

Oleh sebab itu, menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan radang tenggorokan sangat diwajibkan.

Selain konsumsi soda, teh, dan kopi, para perokok baik aktif maupun pasif tentu memiliki risiko yang tinggi terserang tenggorokan gatal hingga radang tenggorokan.

9. Menghindari hal-hal yang membuat alergi

Tips yang satu ini merupakan cara menyembuhkan tenggorokan gatal yang disebabkan karena alergi. Banyak hal yang membuat seseorang menjadi alergi, seperti makanan, debu, obat, hingga polusi udara.

Jika Anda memiliki alergi yang sekiranya dapat membuat tenggorokan gatal, upayakan untuk menghindari pemicunya dari radang tenggorokan tersebut.

Menjaga makanan serta memeriksakan diri ke dokter sangat penting dilakukan, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui secara pasti penyebab dari alergi yang kamu alami.

Baca Juga: Penting! Berikut Cara Mencegah, Menangani, sertaPenyebab Mimisan pada Anak

Apabila alergi terlanjut datang, kamu bisa mengonsumsi tablet antihistamin sesuai anjuran dokter untuk membantu meredakan alergi.

Nah, itu tadi sembilan cara nenyembuhkan tenggorokan gatal yang terjamin ampuh, serta dapat dengan mudah kamu lakukan di rumah.

Semoga informasi yang saya berikan kali ini bermanfaat, selamat mencoba!