7 Obat Asam Urat Ini Ampuh Hilangkan Nyeri Sendi. Wajib Coba!

Penyakit peradangan yang menyebabkan kemerahan, pembengkakan dan rasa sakit secara tiba-tiba pada sendi tubuh.

Meski yang paling sering terkena asam urat ada bagian jempol kaki, tapi juga dapat menyerang sendi lain lho,mulai dari kaki, lutut, pergelangan dan telapak kaki, atau bahkan juga ada yang di lengan, siku dan sebagainya.

Dialami oleh kebanyakan oleh orang dewasa usia 30 – 50 tahun dan cenderung dialami laki-laki ketimbang perempuan.

Kalau  bicara gejala, asam urat biasanya ditandai nyeri sendi hebat, sendi bengkak, lunak dan kemerahan serta ada rasa panas dan biasanya muncul tiba-tiba seringnya pada tengah malam.

Baca Juga: 9 Cara Menyembuhkan Tenggorokan Gatal. Dijamin Ampuh!

Meski biasanya gejala hanya terjadi dalam beberapa jam selama maksimal 2 hari, tapi kalaukondisinya cukup parah, bisa dialami selama berminggu-minggu bahkan ada yang merasakan gejala hingga 6-12 bulan, dengan intensitas berbeda tiap harinya.

Sebagai informasi, asam urat memang memiliki tingkatan yang berbeda-beda, yakni

1. Tahap pertama

Dalam tahap ini, kadar asam urat sudah naik tetapi belum ada gejala yang muncul, atau bisa saja Anda tidak merasakannya.

2. Tahap kedua

Di sini karena kadar asam urat terlalu tinggi akhirnya membentuk kristal-kristal. Kasus ini biasanya terjadi pada bagian jari kaki.

Rasa sakit yang dirasakan di tahap ini baru akan merasakan nyeri dan sakit pada sendi dalam waktu yang tidak berlangsung lama.

Dan setelah itu barulah akan mengalami gejala lain dengan intensitas dan frekuensi yang makin sering.

3. Tahap ketiga

Kalau untuk tahap ini, gejala asam urat bisa tak kunjung hilang dan tidak hanya menyerang satu sendi saja.

Akan muncul gumpalan yang mengkristal di bawah kulit dan menimbulkan rasa nyeri yang hebat dan dapat merusak tulang rawan.

Namun karena biasanya pada tahapan kedua, penyakit asam urat sudah bisa ditangani, sehingga cukup jarang ada yang mengalami tahap satu ini.

Lalu apa sih sebenarnya penyebab asam urat?

Asam urat sebenarnya ada di dalam tubuh setiap orang, dan dalam keadaan normal, zat kimia ini akan keluar melalui urin dan tinja.

Baca Juga: 13 Obat Radang Tenggorokan dengan Bahan Alami

Nah, pada orang yang mengalami asam urat, jumlah asam urat ini terlalu banyak sehingga tubuh tidak mampu mengolahnya dan membuat zat ini membentuk kristal dan menumpuk di sekitar sendi hingga akhirnya terjadi radang.

Lalu apa yang membuat kadar asam urat di dalam tubuh bisa tinggi ya?

 Obat Asam Urat
Photo: halosehat.com

Kadar ini biasanya ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi. Khususnya makanan yang mengandung purin dalam jumlah banyak.

Tanpa memakan makanan mengandung purin pun, tubuh sebenarnya sudah memproduksi zat kimia ini.

Dan ketika seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung purin, maka tubuh akan mengolahnya menjadi asam urat. Jadi, kalau memakan makanan dengan kandungan purin terlalu sering, akan terjadi penumpukan.

Makanan yang mengandung banyak purin di antaranya adalah daging dan seafood, lalu juga minuman beralkohol.

Namun selain makanan yang mengandung purin, sebenarnya ada berbagai faktor lain yang dapat membuat Anda mengalami asam urat:

1. Usia dan jenis kelamin

Seperti yang disebutkan sebelumnya, asam urat lebih banyak dialami oleh laki-laki ketimbang perempuan.

Dan dari segi usia, orang lanjut usia juga lebih rentan terserang penyakit ini daripada yang berusia muda.

2. Faktor keturunan

Artinya, jika ada di antara anggota keluarga yang memiliki riwayat asam urat, Anda pun berpeluang untuk mendapatkan penyakit ini.

Jadi ada baiknya Anda mengetahui riwayat penyakit di keluarga agar bisa lebih waspada.

3. Berat badan

Faktor berat badan yang berlebih juga bisa bisa meningkatkan risiko terserang asam urat. Efek obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat yang membuat penumpukan asam urat antara lain adalah aspirin, khususnya bila dikonsumsi secara rutin setiap hari, atau obat diuretik, obat kemoterapi, hingga obat yang bisa menurunkan kekebalan tubuh.

4. Penyakit lain

Ada beberapa gangguan kesehatan lain yang meningkatkan peluang asam urat, misalnya diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan lain-lain.

5. Dehidrasi

Kalau tubuh kekurangan cairan, maka akan sulit mengeluarkan zat asam melalui urin, sehingga ini menyebabkan asam urat menumpuk di dalam tubuh.

6. Cedera

Kondisi cedera akan menimbulkan peradangan lebih dulu pada sendi dan memicu timbulnya gejala asam urat.

Bagi penderita asam urat, selain menghindari makanan yang tinggi purin seperti yang dibahas sebelumnya, berikut beberapa bahan alami yang bisa dicoba sebagai obat asam urat:

1. Jahe

Obat Asam Urat dengan Jahe

Bahan alami satu ini dikenal karena memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga bisa digunakan sebagai obat asam urat.

Bahkan tak sekedar dikonsumsi, jahe juga bisa diaplikasikan ke bagian tubuh yang sakit.

Kalau untuk konsumsi, cukup minum air rebusan jahe sebanyak 3 gelas per hari. Atau bisa menambahkan jahe dalam resep masakan atau makanan kecil.

Sementara untuk diaplikasikan, bisa dengan menghaluskan jahe dengan sedikit air kemudian oleskan pada daerah yang sakit dan biarkan selama sekitar 30 menit.

2. Kunyit dan cuka apel

Selain jahe, kunyit juga bisa dijadikan sebagai obat asam urat. Caranya dicampur dengan cuka apel dan jus lemon. Minum campuran bahan ini 2-3 kali sehari.

Cuka apel yang asam bisa membantu mengurangi rasa sakit yang dirasakan karena asam urat. Sehingga bisa dikonsumsi begitu saja setelah dicampur air.

3. Jus Lemon

Tak hanya cuka apel, lemon juga bisa mengurangi rasa sakit, karena menetralkan kelebihan asam urat dalam aliran darah.

Campur jus lemon dengan baking soda dan biarkan selama beberapa detik, lalu campur dalam segelas air dan segeralah minum.

Di samping jus lemon, Anda juga bisa makan buah-buahan lain yang kaya vitamin C yauntuk memperkuat jaringan tubuh.

4. Ceri

Obat Asam Urat dengan Buah Ceri

Bicara rasa asam, ini bisa juga didapatkan dari buah ceri. Namun untuk obat asam urat, ceri yang manis juga bisa sangat membantu, karena adanya sifat antioksidan.

Ceri mengandung anthocyanin yang dapat mengurangi peradangan serta meminimalisir kambuhnya nyeri sendi.

Sebagai obat asam urat, cukup konsumsi 20 ceri sehari, atau bisa juga buat jus ceri hitam dengan menambahkan beberapa siung bawang putih cincang.

5. Pisang

Buah satu ini bisa dijadikan obat asam urat karena kandungan potassium (kalium) yang tinggi sehingga dapat mencairkan kristal asam urat di persendian dan dikeluarkan lewat urin.

Disamping itu pisang juga kaya vitamin C yang bisa mengurangi peradangan dan rasa sakit.

6. Apel

Sama seperti pisang, apel sebagai obat asam urat juga bisa dikonsumsi begitu saja, atau dijadikan jus.

Sebaiknya makan satu apel sehari jika Anda memiliki penyakit asam urat, karena asam malat apel akan membantu menetralkan asam urat dalam tubuh.

Dan sebaiknya konsumsi apel setelah makanya...

7. Air Dingin

Air dingin dikenal dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan karena trauma dan sebagainya. Tapi ternyata ini juga bermanfaat dalam mengurangi pembengkakan pada asam urat.

Caranya cukup rendam sendi yang bengkak dalam air dingin selama 10 – 15 menit. Atau gunakan kompres es dengan dibungkus handuk dan tempelkan pada daerah asam urat selama sekitar 15 menit.

Tapi hindari penggunaan berlebihan ya, karena justru dapat menyebabkan kristalisasi asam urat…

Itu dia pilihan obat asam urat yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat!