13 Obat Radang Tenggorokan dengan Bahan Alami

Menghadapi cuaca yang tidak menentu, tubuh kita rentan terserang berbagau penyakit, seperti flu dan radang tenggorokan. Oleh karenanya, dibutuhkan obat radang tenggorokan ampuh dalam mengatasinya.

Pada umumnya, radang tenggorokan disebabkan oleh serangan virus dan bakter. Virus dan bakteri menyebabkan pilek dan influenza, dari situlah biasanya radang tenggorokan atau faringitis bermula.

Baca Juga: 9 Cara Menyembuhkan Tenggorokan Gatal. Dijamin Ampuh!

Selain virus dan bakteri, beberapa faktor lain seperti alergi, udara yang pengap dan panas, polusi udara, otot tenggorokan yang menegang, juga dapat memicu terjadinya faringitis.

Meski biasanya reda dalam waktu kurang dari seminggu, namun terjadinya radang tenggorokan bisa sangat mengganggu aktivitas seseorang.

Selain berobat ke dokter, kamu bisa kok mempercepat redanya radang tenggorokan menggunakan obat radang tenggorokan alami yang ada di sekitarmu. Berikut selengkapnya.

1. Air putih

Kurangnya asupan cairan dalam tubuh membuat tenggorokanmu menjadi kering hingga memicu terjadinya radang tenggorokan.

Sebab, tubuh yang kekurangan cairan tidak menghasilkan air liur dan lender yang cukup untuk menjaga tenggorokan tetap lembap.

Oleh sebab itu, menjaga tenggorokan tetap lembap dengan banyak mengkonsumsi air putih merupakan obat radang tenggorokan yang efektif.

2. Teh min

Teh min

Tenggorokan kering tentu membuatmu ingin mengkonsumsi minuman yang dapat menyegarkan tenggorokan, namun hindari komsumsi minum yang mengandung soda.

Baca Juga: Tidak Perlu Minum Obat! Berikut 9 Cara Menurunkan Demam Tinggi secara Cepat

Sebagai gantinya, cobalah untuk meminum teh min. Sensasi dingin dari teh min terbukti ampuh sebagai obat radang tenggorokan, sekaligus melegakan nafas.

3. Teh lemon dicampur madu

Terdapat dua manfaat yang akan kamu peroleh ketika kamu mengkonsumsi teh lemon yang dicampur dengan madu, pertama sebagai obat radang tenggorokan, kedua untuk menjaga imunitas tubuh.

Kandungan alami yang terdapat pada teh lemon dan madu dikenal ampuh menghilangkan lender di dalam tenggorokan.

Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuhmu sehingga tidak rentan terserang virus dan bakteri.

4. Bawang putih

Bagi sebagain orang, mengkonsumsi bawang putih mentah mungkin akan membuat rasa yang tidak nyaman, karena bau yang ditimbulkan dari bawang putih tersebut.

Namun nyataya, bahan alami yang satu ini terbukti sangat efektif sebagai obat radang tenggorokan. Sebab, bawang putih memiliki kandungan antibiotik yang membunuh virus penyebab faringitis.

5. Susu dicampur kunyit

Susu dicampur kunyit

Sejak dahulu kala, kunyit dipercaya ampuh sebagai bahan untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, kandungan zat yang terdapat dalam kunyit juga efektif mengurangi peradangan pada tenggorokan.

Bila mengkonsumsi kunyit mentah membuatmu tidak nyaman, maka kamu dapat mencampurkannya dengan susu, agar rasa pedas pada kulit dapat ternetralisir dengan rasa susu yang manis.

Rutinlah mengkonsumsi susu kunyit sebagai obat radang tenggorokan setiap hari, dijamin rasa sakit dan nyeri pada tenggorokanmu akan berangsur-angsur menghilang.

6. Air garam

Berkumur dengan air garam mungkin bukanlah cara yang asing untuk dilakukan ketika tenggorokan terasa gatal dan perih.

Garam sendiri sejak dulu dipercaya sebagai obat radang tenggorokan yang ampuh karena mampu mengurangi bengkak, mencairkan lendir, serta membilas bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan.

Akan tetapi, jika berkumur dengan air garam membuat mulutmu terasa sangat asin, maka kamu bisa menambahkan larutan tersebut dengan sedikit madu.

7. Cuka apel

Bukan cuma air garam saja, berkumur dengan cuka apel juga terbukti ampuh lho, sebagai obat radang tenggorokan. Sebab, cuka apel dapat melindungi tenggorokan serangan virus dan bakteri.

Caranya cukup mudah, sediakan satu sendok makan cuka apel kemudian campurkan dengan dua sendok teh garam. Lalu, larutkan ke dalam segelas air hangat dan gunakan larutan tersebut sebagai obat kumur.

8. Olahan Pisang

Olahan Pisang

Ingin mengkonsumsi buah-buahan selama radang tenggorokan? Bisa kok. Buah yang paling baik sebagai obat radang tenggorokan adalah buah pisang.

Pasalnya, kandungan kalium dan potasium dinilai baik bagi kesehatan tubuh, khususnya tenggorokan. Teksturnya yang lembut juga dapat dengan mudah ditelan dalam kondisi tenggorokan yang meradang.

9. Sup ayam

Sebenarnya, seluruh varian sup cocok kok untuk dikonsumsi selama masa radang tenggorokan, namun kandungan vitamin dan mineral di dalam sup ayam lebih ampuh memperbaiki kondisi tenggorokan.

Pasalnya, di dalam sup ayam terdapat kaldu ayam yang kaya akan vitamin yang baik bagi tubuh. Biasanya, olahan sup ayam dibuat dengan campuran bawang putih, yang cocok sebagai obat radang tenggorokan.

10. Sup Jagung

Jika bosan dengan sup ayam, kamu juga bisa mengkonsumsi olahan sup lain, seperti sup jagung. Apalagi, kondisi tenggorokan yang sedang meradang tentu membuat kita sulit untuk menelan makanan padat.

Sebagai pengganti nasi, kamu bisa mengkonsumsi jagung yang lebih lembut dan tetap mendapatkan asupan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jangan lupa untuk mencampurkan sedikit bawang putih pada olahan sup jagung, agar khasiatnya sebagai obat radang tenggorokan semakin terasa.

11. Olahan telur

Olahan telur

Mengolah telur menjadi bahan masakan tentu sudah tidak asing lagi untuk dilakukan, namun pada saat radang tenggorokan, tidak semua olahan telur dapat kamu konsumsi.

Khususnya olahan telur yang menggunakan minyak, seperti telur goreng. Jika mau, kamu dapat mengganti minyak tersebut dengan mentega.

Selain gampang dicerna, olahan telur juga mengandung protein tinggi yang baik bagi kesehatan tubuh, serta ampuh sebagai obat radang tenggorokan.

12. Tumis sayuran

Sama halnya dengan olahan telur, saat radang tenggorokan kamu tidak bisa sembarangan memakan olahan sayuran, terutama ketika sayuran tersebut diolah menggunakan terlalu banyak minyak.

Oleh sebab itu, tumis sayuran adalah obat radang tenggorokan yang cocok ketika kamu mengalami faringitis namun tetap ingin mengkonsumsi sayuran.

Tumis sayuran, seperti wortel, buncis, kubis, kacang panjang, dan kentang menggunakan mentega dalam waktu singkat, agar kandungan vitamin dalam sayuran tersebut tidak menghilang.

13. Berhenti merokok

Sudah tahu dong, kalau rokok memiliki kandungan yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh kita?

Jika kamu tergolong seorang perokok aktif, obat radang tenggorokan yang paling ampuh untukmu adalah dengan berhenti merokok secara total.

Pasalnya, paparan asap yang kamu hirup ketika merokok dapat meningkatkan risiko radang tenggorokan, hingga penyakit berbahaya lainnya, seperti kanker tenggorokan.

Kamu tentu enggak mau dong, hal tersebut terjadi padamu? Maka dari itu, stop merokok mulai dari sekarang ya.

Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat, selamat mencoba!