Terbukti! Tips Agar Cepat Tidur Ini Dapat Membuatmu Terlelap Dalam Waktu Singkat

Kurangnya waktu beristirahat tentu akan memberikan efek buruk pada kesehatan. Oleh karenanya, dibutuhkan tips agar cepat tidur bagi orang-orang yang sulit untuk tidur di malam hari.

Tips Agar Cepat Tidur

Gangguan tidur dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti kondisi psikis akibat stres, kondisi fisik berupa gangguan pernapasan, gaya hidup, dan juga pola tidur.

Kurangnya kualitas tidur juga bisa menyebabkanmu terbangun dalam kondisi kelelahan, serta mengantuk pada siang hari.

Itu sebabnya, selain mengganggu kesehatan, kurang tidur juga dapat mengganggu aktivitasmu sehari-hari.

Baca Juga: 9Cara Menyembuhkan Tenggorokan Gatal. Dijamin Ampuh!

Bagi kamu yang mengalami kondisi di atas, berikut ini akan saya berikan beberapa tips agar cepat tidur yang terbukti dapat membantumu terlelap dalam waktu singkat.

Penasaran? Simak penjabarannya di bawah yuk!

1. Kurangi konsumsi kafein

Kurangi konsumsi kafein

Tips agar cepat tidur pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengurangi konsumsi kafein.

Apalagi jika kami pecinta kopi, sejak dahulu, kafein dikenal sebagai zat yang dapat memacu adrenalin, hingga membuatmu terjaga di malam hari.

Oleh karena itu, kurangi konsumsi kafein harianmu ya, terutama hindari mengkonsumsi kopi sesaat sebelum tidur.

2. Tinggalkan kebiasaan merokok dan minum alkohol

Merokok jelas dapat mempengaruhi pola tidurmu. Sebab, kebiasaan merokok dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, yang bakal membuatmu susah tidur.

Selain rokok, tips agar cepat tidur selanjutnya adalah dengan tidak mengkonsumsi alkohol. Hal ini disebabkan, alkohol dapat menganggu pengaturan tidur dalam sistem tubuhmu.

3. Banyak makan buah dan minum minuman hangat sebelum tidur

Banyak makan buah dan minum minuman hangat sebelum tidur

Banyak mengkonsumsi buah sangat dianjurkan sebagai tips agar cepat tidur. Berbagai kandungan vitamin pada buah-buahan dapat menyehatkan badan, hingga membuatmu mudah terlelap di malam hari.

Selain itu, daripada minum kopi dan alkohol, lebih baik kamu mengkonsumsi minuman hangat seperti susu sebelum tidur. Sebab, kandungan triptofan dalam susu terbukti ampuh menimbulkan rasa kantuk.

4. Makan makanan berat 4 jam sebelum tidur

Terkadang, rasa lapar juga bisa menyebabkan seseorang susah tidur. Tips agar cepat tidur  dalam kondisi lapar adalah dengan mengudap buah-buahan seperti pisang dan alpukat.

Jika tidak, kamu bisa makan makanan berat 4 jam sebelum tidur. Hal ini dimaksudkan, agar kamu terhindar dari rasa begah yang berlebihan, serta memberi waktu untuk perut mencerna makanan tersebut.

5. Matikan seluruh gadget yang ada di sekitarmu

Matikan seluruh gadget yang ada di sekitarmu

Percuma saja, bila kamu ingin cepat tidur, namun kamu terus saja memainkan gawai pintarmu tersebut. Karena, bermain gadget dapat membuat seseorang terjaga dan jadi lupa waktu.

Tips agar cepat tidur dari saya, matikan gadget-gadget tersebut satu jam sebelum tidur dan jangan tergoda untuk memainkannya di atas ranjang.

6. Tidur dalam keadaan lampu padam

Banyak yang tidak mengetahui, mematikan lampu merupakan salah satu tips agar cepat tidur yang ampuh. Selain itu, tidur dalam keadaan gelap juga dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

Baca Juga: Penting! Berikut Cara Mencegah, Menangani, sertaPenyebab Mimisan pada Anak

Pasalnya, cahaya dapat menjadi acuan waktu bagi tubuh. Cahaya yang ditangkap mata akan memberikan sinyal kepada tubuh, seolah hari sudah siang.

Hal ini bisa membuatmu terbangun secara tiba-tiba, karena tubuhmu menerima sinyal tersebut.

7. Mendengarkan lagu berirama pelan

Mendengarkan lagu berirama pelan

Tidak hanya berguna untuk mengisi waktu luang saja, ternyata mendengarkan lagu merupakan salah satu tips agar cepat tidur yang cukup ampuh, lho.

Menurut penelitian, musik dengan tempo 60 hingga 80 beat per menit dapat meningkatkan kualitas tidur dan membuat badan rileks, hingga mengantuk.

8. Benamkan wajah ke dalam air dingin

Tips agar cepat tidur yang satu ini cocok dicoba bagi orang yang sulit terlelap karena rasa cemas atau stres.

Membenamkan wajah ke dalam air dingin dipercaya dapat menurunkan denyut jantung dan tekanan darah, yang artinya sistem saraf dalam tubuh sedang diatur ulang untuk menenangkan badan.

9. Menggunakan wewangian aroma lavender

Menggunakan wewangian aroma lavender

Mau lebih rileks lagi? Coba deh tambahkan wewangian beraroma lavenderdi kamar kamu. Selain harum, aroma lavender juga bisa menenangkan syaraf dan membuat badan jadi rileks.

Bukan cuma itu, menurut penelitian, kualitas tidur seseorang akan meningkat, serta bangun dalam keadaan badan lebih segar, apabila ia mencium aroma lavender selama 2-3 menit sebelum tidur.

Tertarik menggunakantips agar cepat tidur yang satu ini?

10. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi air hangat tidak hanya menyegarkan, namun juga ampuh membuat badan menjadi lebih rileks. Oleh sebab itulah, mandi air hangat menjadi salah satu tips agar cepat tidur yang bisa kamu coba.

Selain bikin badanmu rileks, tubuh yang terkena air hangat, kemudian terpapar suhu udara yang dingin, bakal membuat badanmu letih dan secara berangsung merasa mengantuk.

11. Lakukan pemijatan pada titik pemicu kantuk

Lakukan pemijatan pada titik pemicu kantuk

Tips agar cepat tidur berikutnya adalah dengan melakukan pemijatan di beberaoa titik tubu kita. Faktanya, terdapat beberapa titik dalam tubuh yang jika dipijat dapat memberikan rasa kantuk pada seseorang.

Titik-titik tersebut antara lain terletak di alis, jempol, telunjuk kaki kanan atau di bawah kuku telunjuk kaki kanan. Pijatlah titik-titik tersebut selama kurang lebih 20 detik secara perlahan hingga kamu tidur.

12. Lakukan pernapasan 4-7-8

Tips agar cepat tidur yang satu ini digadang-gadang sebagai cara yang sangat ampuh membuatmu terlelap dalam waktu yang singkat.

Teknik tidur diberi nama metode 4-7-8 ini adalah hasil pengembangan seorang pakar kesehatan di Universitas Arizona, yakni Dr. Andrewa Weil.

Cara melakukannya juga sederhana, hembuskan napas panjang dari mulut, kemudian tarus napas melalui hidung dalam waktu 4 detik.

Setelah itu, tahan napasmu selama 7 detik dan keluarkan napas kembali lewat mulut hingga berbunyi “whoosh.” Setelahnya, lakukan hitungan sampai dengan 8 dan ulangi metode ini selama 4 kali.

13. Bernapas dengan hidung sebelah kiri

Bernapas dengan hidung sebelah kiri

Nah, tips agar cepat tidur ini sangat bermanfaat untuk kamu yang memiliki kamar bersuhu panas atau wanita dengan kondisi menopause.

Tidurlah dengan posisi miring ke kiri, lalu tutup lubang hidung sebelah kanan. Tarik napas perlahan dan dalam-dalam melalui lubang kiri hidung.

Melakukan gerakan ini secara berulang-ulang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dan membuatmu lebih cepat tertidur.

14. Memutar bola mata dalam keadaan terpejam

Penulis buku The Good Sleep Guide, Sammy Margo, memberikan tips agar cepat tidur dengan memutar bola mata dalam keadaan tertutup di dalam ruangan gelap.

Hal ini ia yakini dapat menstimulasi otak untuk tidur, serta memicu pelepasan hormon melatonin yang akan membuatmu mengantuk.

15. Mulailah memperbaiki pola tidurmu

Mulailah memperbaiki pola tidurmu

Bagaimanapun juga, faktor terbesar yang membuat seseorang menjadi susah tidur adalah karena buruknya pola tidur yang selama ini dijalankan.

Mulailah dengan mengatur jam tidur malammu, serta disiplinkan dirimu untuk tetap mematahui jadwal tersebut.

Mungkin berat pada awalnya, namun ketika kamu sudah terbiasa. Maka badannya secara otomatis akan merassa mengantuk jika jam tidurmu sudah tiba.

Itu tadi 15 tips agar cepat tidur yang terbukti dalam membuatmu terlelap dalam waktu singkat.

Semoga tips yang saya berikan kali ini bermanfaat ya, selamat mencoba!