12 Tips Berhenti Merokok Permanen, Wajib Dicoba!

Menurut data dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia atau IAKMI, 51,1 persen masyarakat Indonesia adalah perokok aktif. Itu berarti lebih dari setengah populasi dan ini adalah angka tertinggi di Asia Tenggara.

Merokok sendiri terbukti menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti penyakit paru obstruktif kronik, kanker paru-paru, serangan jantung, serta banyak sekali penyakit berat lainnya.

Hal ini dikarenakan rokok mengandung bahan kimia berbahaya seperti nikotin, tar, sianida, benzene, cadmium, metanol, amonia, arsenik, serta karbon monoksida yang merugikan baik untuk perokok aktif maupun perokok pasif.

Baca Juga: 13 Cara Melancarkan Metabolisme Tubuh Untuk Program Diet

Jika anda tengah berusaha untuk menghentikan kebiasan merokok, ada 12 tips berhenti merokok yang bisa anda ikuti di sini. Dari cara termudah hingga tahap lanjutan yang membawa anda ke sesi terapi, simak cara-cara berhenti merokok ini, ya!

1. Minum air dingin dengan sedotan

Salah satu tips berhenti merokok yang paling mudah adalah dengan meminum air dingin dengan sedotan. Anda bisa melakukan ini ketika keinginan untuk merokok datang. Bentuk sedotan yang mirip dengan batang rokok juga akan membantu mengelabuhi bawah sadar anda.

Selain itu, meminum air dingin melalui sedotan juga akan melepaskan dopamin yang merupakan bahan kimia otak yang dapat membantu meringankan suasana hati yang buruk. Atau, anda juga dapat mengganti keinginan menghisap batang rokok dengan makan makanan ringan yang sehat.

2. Hindari pemicu keinginan merokok

Biasanya, perokok memiliki waktu atau situasi tertentu yang menyebabkannya ingin merokok. Misalnya merokok sehabis makan, atau merokok sambil ngopi menunggu inspirasi.

Jika ini adalah hal-hal yang mudah memicu anda kembali merokok, maka isilah waktu luang yang biasa anda gunakan untuk merokok dengan melakukan aktivitas lain. Jika memungkinkan, hindari perokok lain untuk sementara.

Ambil contoh, berpisahlah dari teman-teman perokok anda untuk berjalan kaki setelah makan siang, bermain games di HP, atau cuci piring kotor segera setelah makan.

Tergoda kembali merokok kembali bisa disebabkan karena wangi asap rokok yang ada di sekitar anda. Baju dan jenis pakaian lainnya bisa menyerap aroma rokok.

Cuci semua pakaian, celana, lap, jaket yang berbau asap rokok. Bila anda suka merokok di mobil, bersihkan mobil anda agar terbebas dari sisa asap rokok dan sampah puntung rokok.

3. Catat hal positif yang terjadi setelah anda berhenti merokok

Banyak perokok yang tidak mau berhenti karena merasa bahwa berhenti merokok hanya menyiksa diri. Padahal, berhenti merokok akan memberikan banyak manfaat termasuk dalam hal keuangan dan kesehatan anda.

Untuk itu, saat anda sedang mencoba berhenti merokok, cobalah untuk mencatat hal-hal positif yang anda dapatkan dalam beberapa hari berhenti merokok, termasuk perasaan yang lebih terkendali, menghemat uang, badan terasa lebih energik, dan sebagainya.

4. Rutin sikat gigi

Tips Berhenti Merokok Permanen
Photo: allure.com

Tips berhenti merokok berikutnya adalah rajin menyikat gigi. Biasanya, perokok aktif memiliki bibir yang berwarna gelap dan napas mulut yang cenderung bau rokok.

Oleh karena itu, salah satu hal baik yang anda dapatkan ketika mencoba berhenti merokok adalah napas mulut anda yang terasa lebih segar terlebih ketika anda sering sikat gigi.

Jika anda rutin sikat gigi dan selalu memiliki napas yang segar, anda pun akan merasa sayang untuk mengotorinya kembali dengan tar dan asap rokok.

5. Hindari alkohol

Berdasarkan sebuah studi, sudah diketahui bahwa terdapat kaitan yang erat antara konsumsi alkohol dengan merokok. Oleh karena itu, menghindari alcohol adalah salah satu tips berhenti merokok yang harus dilakukan.

6. Aktif berolahraga

Jika tekad ana kuat, tips berhenti merokok berikutnya adalah dengan aktif berolahraga. Karena ketika tubuh anda aktif, tubuh anda akan mengirimkan bahan kimia alami yang dapat memperbaiki suasana hati dan mengurangi stres.

Anda pun tidak akan lagi memiliki keinginan untuk merokok. Tidak perlu olahraga berat, bahkan anda bisa memilih jenis olahraga ringan seperti berjalan kaki atau jogging.

7. Masukan sesuatu pada mulut anda

Tips Berhenti Merokok Permanen

Tips berhenti merokok berikutnya adalah menggantikan rokok dengan sesuatu yang lain. Dalan proses berhenti merokok, akan selalu ada kaingin memasukan sesuatu ke mulut anda seperti saat sedang merokok.

Anda yang sudah terbiasa mengisap batang rokok mungkin aku kesulitan jika tidak mengisap sesuatu dan merasa aneh. Jadi, gantilah rokok dengan sesuatu yang lain seperti permen atau makanan ringan yang sehat.

8. Kuatkan diri terutama di dua minggu pertama

Waktu terberat dalam proses berhenti merokok adalah pada dua minggu pertama. Namun, setelah anda melewati waktu tersebut, anda akan mulai terbiasa tanpa rokok dan mulai memperoleh manfaatnya.

Baca Juga: 7 Tips Menabung Untuk Beli Rumahdi Usia Muda

Oleh karena itu, saat anda sudah melewati dua minggu awal, jangan sampai anda kembali tergoda untuk merokok karena hal tersebut akan membuat segala usaha anda di waktu-waktu terberat menjadi sia-sia.

9. Selalu ingat alasan anda berhenti merokok

Masih terkait dengan tips berhenti merokok sebelumnya, jika anda mulai menyerah dengan segala upaya yang sudah dilakukan, ingatlah lagi pada alasan mengapa anda berhenti merokok.

Cobalah tulis semua daftar alasan tersebut dan tempatkan daftar alasan tersebut ditempat yang bisa anda lihat sebagai bahan untuk refleksi diri. Terlebih, ketika alasan anda berhenti merokok adalah keluarga anda, khususnya orangtua, anak, atau istri.

10. Ganti hobi merokok dengan hobi lain

Membuat diri tetap sibuk adalah salah satu cara berhenti merokok yang efektif. Mencari kesibukan lain bertujuan untuk mengalihkan pikiran anda dari keinginan akan rokok. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mengisi waktu luang daripada merokok.

Contohnya adalah olahraga, jalan-jalan, main game, menonton film, bergaul bersama teman dan keluarga yang tidak merokok, atau tentu saja anda bisa mendalami hobi yang bisa menyita waktu anda.

Ketika pikiran anda sudah terfokus dengan satu hal, maka keinginan untuk merokok biasanya akan terlewatkan sedikit demi sedikit hingga akhirnya tidak ada lagi. Jika anda terus-terusan fokus pada hobi saat mengisi waktu luang, anda akhirnya akan benar-benar bisa berhenti merokok.

11. Berikan self-reward jika berhasil berhenti merokok

Ketika Anda sudah berhasil tidak merokok sama sekali, ada baiknya anda memberi penghargaan pada diri sendiri. Contoh, uang yang tadinya hanya dihabiskan untuk membeli rokok, bisa anda sisihkan dan kumpulkan untuk membeli sesuatu yang anda inginkan.

Jika ditotal sampai setahun berhenti merokok, anda bisa berlibur atau membeli barang yang anda suka dengan uang tabungan tersebut. Anda patut merayakan terbebasnya diri anda dari kepulan asap rokok.

12. Terapi Penggantian Nikotin (Nicotine-Replacement Therapy / NRT)

Berhentinya asupan nikotin umumnya membuat seorang perokok merasa frustrasi sehingga sering membuat mereka gagal berhenti merokok. Jika tips berhenti merokok yang sederhana tidak mempan, maka ada jalan lain yang melibatkan terapi.

Terapi penggantian nikotin dapat membantu meringankan rasa frustrasi atau gejala putus obat tersebut. NRT sebagai salah satu cara berhenti merokok bekerja dengan melepaskan nikotin dalam kadar rendah secara terus-menerus ke pembuluh darah.

Unsur nikotin yang digunakan tidak mengandung tar, karbon monoksida,  dan bahan kimia berbahaya lain seperti yang terdapat di dalam rokok. Prosedur ini membantu mengurangi hasrat tubuh untuk kembali merokok saat tubuh mulai merasakan hilangnya asupan nikotin.

Media NRT beragam, seperti permen karet, plester yang ditempelkan pada kulit, atau tablet, atau bisa dengan cara disemprotkan ke mulut atau hidung.

Ada beberapa produk yang secara sengaja ditujukan untuk jadi pengganti rokok. Berbagai produk-produk yang disebut sebagai Nicotine Replacement Therapy atau NRT ini, jarang bisa Anda dapatkan secara bebas.

Pasalnya anda perlu datang ke sesi terapi di psikiater atau profesional di bidangnya untuk mendapatkan produk ini sesuai resep yang didosiskan. Tentu saja jalan terakhir ini membutuhkan sejumlah uang.

Maka dari itu, jalan terapi hanya disarankan jika anda merasa sudah tidak bisa lagi berhenti merokok secara mandiri. Bukan berarti lalu cara berhenti merokok dengan terapi ini menjadi lebih buruk dan terkesan “helpless”.

Jika anda benar-benar ingin berhenti, maka semua jalan patut dicoba. Bagaimanapun, efek dari tips berhenti merokok ini berbeda-beda ke setiap individu. Itu artinya, jika satu orang berhasil berhenti merokok dengan cara A, belum tentu orang lain juga bisa.

Penting untuk anda menemukan cara berhenti merokok yang paling cocok dengan kondisi tubuh dan kepribadian anda. Selamat putus hubungan dengan rokok, ya!