13 Tips Melupakan Mantan Pacar Dengan Cepat dan Sehat

Bicara soal hubungan romantis antara dua manusia, tentu saja tidak semuanya berjalan baik sesuai rencana. Tidak peduli seberapa besar cinta dan pengorbanan yang telah kamu berikan, kadang satu-satunya pilihan adalah untuk mengakhiri hubungan tersebut.

Kadang, kita tidak perlu lagi mencari kesalahan ada di pihak siapa. Sebab semua itu ada di masa lalu sedangkan hidup kita terus berjalan ke masa depan. Yang harus kita lakukan cukup satu: melupakan lalu terus melanjutkan hidup.

Karena harus melupakan seseorang yang pernah dicintai, bukan berarti kamu harus mencari pelarian dan langsung menggantikan posisi mantan dengan orang baru, ya! Percaya, deh, ini bukan cara yang sehat untuk melupakan mantan.

Simak Juga: Cara Mengatasi Uban di Usia Muda secara Mudah dan Cepat Tanpa Disemir

Ada banyak sekali cara melupakan mantan yang bisa menyelamatkan kamu dari rasa sesal di kemudian hari karena memulai hubungan cinta baru yang hanya didasari rasa patah hati. Apa saja kah itu? Simak 13 tips melupakan mantan pacar dengan cara-cara yang sehat ini, ya!

1. Jangan Terlalu Memaksakan Diri Untuk Melupakan

Kesalahan yang paling sering dilakukan selain mencari pelarian adalah kamu terlalu memaksakan diri untuk melupakan mantan. Padahal, tips melupakan mantan yang paling dasar adalah kamu tidak boleh terlalu memaksakan diri.

Semakin kamu berusaha untuk melupakan, maka kamu akan semakin ingat alasan mengapa kamu harus melupakan. Akhirnya, kamu malah kesulitan atau bahkan tidak bisa melupakan mantanmu ini.

Simak Juga: 18 Cara Mempercepat Tumbuh Rambut dengan Bahan Alami. Dijamin Ampuh!

Biarkan proses melupakan ini berjalan dengan sendirinya. Dalam prosesnya, kamu hanya perlu mengalihkan perhatianmu pada hal-hal lain. Ingat, pada hal-hal lain di sini bukan berarti gebetan baru alias pelarian, ya. Memang prosenya akan lebih cepat, tapi itu bukan tips melupakan mantan yang sehat.

2. Batasi Komunikasi Dengan Mantan

Kamu tidak perlu melenyapkan satu sama lain dari peredaran dunia ini. Seseorang yang baru saja putus cenderung benar-benar memutuskan komunikasinya dengan sang mantan.

Padahal, tips melupakan mantan yang sehat adalah dengan cukup membatasi komunikasi saja. Dulu status kalian berpacaran, kini hanya berteman.

Tidak perlu memblokir nomor atupun sosial media. Tindakan ini justru terbilang kekanank-kanakan. Jika kamu cukup dewasa untuk menjalin hubungan romantis, harusnya kamu juga cukup dewasa untuk mengerti bahwa tidak semua ekspektasi yang kita sematkan ke seseorang akan terpenuhi.

“Menghapus” seseorang dari hidupmu karena orang itu gagal memenuhi ekspektasimu bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan. Kita tidak akan tahu apa yang terjadi di masa depan, sehingga lebih bijak untuk mengjaga silaturahmi dengan mantan sebagai kenalan biasa.

3. Singkirkan Barang-barang Yang Berhubungan Dengan Mantan, Bukan Dikembalikan

Singkirkan Barang-barang Yang Berhubungan Dengan Mantan, Bukan Dikembalikan
Photo: Firemenmovers.com

Tips melupakan mantan selanjutnya adalah dengan menyingkirkan barang-barang yang berhubungan dengannya. Entah itu hadiah darinya, foto bersamanya, ataupun barang-barang yang akan membangkitkan memorimu bersamanya.

Simak Juga: 11 Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur agar Tidur Lebih Berkualitas

Ingat, kamu tidak perlu mengembalikan hadiah-hadiah dari mantan. Hal ini sangatlah konyol dan kekanak-kanakan. Hal ini juga malah membuatmu harus berinteraksi lagi dengan sang mantan dan menambah drama yang ada. Kamu cukup membuang atau menghibahkan barang-barang tersebut ke orang lain jika sekiranya masih bisa bermanfaat.

4. Hindari Terlalu Lama Sendirian di Suatu Tempat

Kamu pasti diterjang rasa kesepian setelah putus cinta. Tips melupakan mantan yang bisa membuat kamu lebih bisa menghindari rasa kesepian itu adalah jangan terlalu lama sendirian dengan pikiranmu sendiri.

Jangan habiskan banyak waktu di kamar sendirian melamun, karena rasa sepi itu pasti akan lebih mudah masuk ke dalam hatimu. Usahakan selalu bersama orang lain di minggu-minggu pertama kamu putus cinta. Keberadaan orang lain akan membantu menjauhkan pikiran negatif dari kepalamu.

5. Jangan Mendengarkan Lagu Sedih dan Patah Hati

 Jangan Mendengarkan Lagu Sedih dan Patah Hati

Ini sering kali jadi guilty pleasure orang-orang yang patah hati. Sudah tahu sedang terbakar, malah disiram lagi dengan bensin. Ketika kamu patah hati, kamu akan mencari apapun yang bisa menvalidasi perasaan sedihmu.

Akhirnya kamu akan berbaring di kasur mendengarkan lagu sedih keras-keras sambil ikut bernyanyi dan sedikit-sedikit menangis. Ah, jangan seperti itu, ya! Daripada mencari pembenaran akan perasaan sedihmu, lebih baik kamu mendengarkan lagu-lagu up beat yang membuatmu ingin berjoged di kamar seperti orang kesetanan.

6. Temui Orang-orang Baru di Lingkaran Yang Menarik

Temui Orang-orang Baru di Lingkaran Yang Menarik

Menemui orang-orang baru dari lingkaran baru bisa jadi tips melupakan mantan yang sangat manjur. Perhatikan, orang-orang di sini dalam bentuk jamak, bukan tunggal. Berinteraksi dengan orang dalam bentuk kelompok akan merendahkan peluangmu untuk memberikan perhatian secara personal.

Jika kamu terlalu banyak memberikan perhatian personal pada orang baru, dikhawatirkan kamu akan dibohongi perasaanmu sendiri. Jangan sampai kamu merasa siap untuk memulai hubungan baru padahal tidak sama sekali.

Mengenal orang-orang baru dalam suatu lingkaran memberikan kamu kesempatan untuk belajar banyak hal. Karena biasanya suatu lingkaran terbentuk karena kesamaan minat, misal kelompok musik, kelompok lukis, kelompok tari, dan lain-lain, kamu tentunya bisa menggali pengetahuan tentang topik yang kamu anggap menarik.

7. Luangkan Waktu Lebih Untuk Merawat dan Memanjakan Diri Sendiri

Photo: balinesespaporta.com

Dengan berakhirnya hubunganmu dengan kekasih, artinya kamu akan punya lebih banyak waktu untuk memikirkan dirimu sendiri. Tips melupakan mantan selanjutnya adalah dengan “mengencani” dirimu sendiri.

Self-love adalah hal yang sangat penting, namun hal ini sering tersisihkan ketika kita jatuh cinta alias menjadi bucin. Sering kali kita mementingkan kebahagiaan kekasih meski itu berarti mengorbankan diri sendiri.

Sekarang, saatnya untuk kamu untuk balas dendam. Dirimu pantas mendapat cinta dari dirimu sendiri sebesar-besarnya.

Pergi ke salon untuk creambath atau spa, beli novel yang sudah lama kamu ingin baca, apapun yang membuat kamu senang. Di saat-saat seperti ini, kamu adalah prioritasmu. Tidak perlu pusing memikirkan orang lain apalagi sang mantan.

8. Nikmati Momen Bersama Teman-teman Terdekat

Tips melupakan mantan selanjutnya adalah lebih banyak menikmati momen dengan teman-teman dekat. Ketika kamu sudah lelah dengan masalah percintaan, mungkin persahabatan lah yang sangat kamu butuhkan.

Seperti yang tadi sudah dibilang, kamu tidak boleh sering-sering sendirian ketika patah hati. Momen-momen yang kamu habiskan dengan teman-teman terdekat akan membuat hati dan pikiranmu terisi dengan energi-energi positif.

Siapa yang butuh pacar ketika kamu punya teman yang selalu ada dan mengerti tentangmu tanpa kamu harus repot-repot menjelaskan?

9. Sediakan Waktu Lebih Banyak Untuk Keluarga

Sediakan Waktu Lebih Banyak Untuk Keluarga
Photo: The telegraph

Harta paling berharga adalah keluarga, iya, tidak? Keluarga adalah tempat pulang ketika semua orang mengecewakanmu. Menyediakan waktu lebih banyak untuk keluarga merupakan tips melupakan mantan yang wajib kamu lakukan.

Jika biasnya kamu menghabiskan waktu menelpon dengan pacar, sekarang saatnya telepon bapak atau ibumu di rumah. Mengobrolah dengan kakakmu, adikmu, sepupumu, juga semua keluarga yang sebelumnya selalu luput dari perhatianmu.

Pada dasarnya, kamu ingin diperhatikan dan ingin bisa memberikan perhatian pada orang lain. Selama ini ada seorang pacar yang bisa memenuhi keinginan tersebut. Yang sering kamu lupa adalah keluargalah yang sebenarnya lebih berhak berada di posisi itu.

10. Hubungi Lagi Sahabat-sahabat Lama

Tips melupakan mantan berikutnya adalah dengan menghubungi lagi sahabat-sahabat lama. Tentu kita semua punya seseorang yang dulunya sangat dekat dengan kita namun seiring berjalannya waktu tidak dekat lagi karena masing-masing sudah sibuk dengan hidupnya.

Inilah waktu yang tepat untuk menjangkau mereka lagi. Jangan sungkan atau malu, karena percaya atau tidak, mereka pun malu untuk menghubungimu terlebih dahulu meski sebenarnya mereka masih sangat peduli padamu.

Dengan berkomunikasi lagi dengan sahabat lama, kamu bisa mendapatkan rasa familiar yang menenangkan. Ada rasa aman yang akan membuatmu merasa semua akan baik-baik saja. Rasa ini akan membantu mengobati rasa sakit hatimu yang baru-baru ini putus cinta.

11. Lakukan Hal-hal Yang Sebelumnya Hanya Sempat Menjadi Wacana

Ada berapa banyak wacana yang belum sempat kamu realisasikan? Tips melupakan mantan selanjutnya menuntut kamu untuk aktif. Jika kamu pernah berwacana untuk camping namun belum sempat terus, lakukan sekarang.

Jika kamu pernah berwacana untuk sesekali menjadi volunteer di taman bacaan, lakukan sekarang. Jika kamu pernah berwacana untuk mengecat warna rambut menjadi hijau muda, lakukan sekarang juga.

Kamu punya banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang mungkin sebelumnya tidak bisa kamu lakukan karena statusmu yang masih berpacaran. Sekarang, kamu bebas untuk menjadi apapun yang kamu mau dan melakukan apapun yang kamu mau tanpa harus ada persetujuan dari pacar.

12. Habiskan Waktu Untuk Menjalankan Hobi

Tips melupakan mantan yang tak kalah penting adalah kamu bisa menghabiskan waktu untuk menjalankan dan mendalami hobimu. Sederhananya, putus cinta akan membuatmu merasa kosong. Itu wajar.

Tugasmu untuk tetap peduli pada dirimu sendiri harus kamu lakukan dengan mengisi kekosongan itu dengan sebanyak mungkin hal-hal posiitf, yang salah satunya adalah hobi.

13. Dekatkan Diri Dengan Sang Pencipta

The last but not the least, dekatkan dirimu dengan Sang Pencipta. Ketika tidak ada lagi keluarga, teman, sahabat, atau orang lain yang bisa mendengarkanmu, kamu tetap bisa bercerita pada Tuhan. Jadikan proses melupakan mantan ini sebagai bahan bakarmu untuk memperbaiki diri, baik dari segi fisik maupun spiritual.

Jika kamu sudah melakukan 13 tips melupakan mantan ini, dijamin kamu akan bebas dari galau putus cinta dan segela melodramanya. Yuk, waktumu terlalu berharga untuk sekedar dihabiskan dengan menangisi seseorang yang sudah menyakitmu. Semangat!