Tips Memilih Apartemen yang Cerdas dan Menguntungkan

Apartemen saat ini menjadi pilihan kedua selain rumah tapak untuk mayoritas kaum urban yang ada di perkotaan, termasuk di kalangan masyarakat modern Jogja.

Hal ini harga properti di kota-kota besar semakin meningkat hingga 20% setiap tahunnya. Sehingga jika menginginkan memiliki rumah tapak tentu diperlukan uang yang sangat besar.

Apartemen dipilih sebagai solusi bagi mereka yang ingin memiliki hunian dengan harga terjangkau. Selain itu, apartemen juga menjadi opsi hunian yang lebih efisien bagi para pekerja dengan jam produktivitas yang tinggi. Terutama jika tempat kerja mereka terletak di pusat kota.

Dari segi harga, sewa apartemen juga sebetulnya bisa tidak jauh berbeda dengan rumah sewa biasa. Rumah disewakan yang terletak di lokasi strategis seperti dekat jalan raya dan pusat perkantoran saat ini juga sudah dibanderol dengan harga sewa yang tinggi.

Bahkan mencapai kisaran Rp 30 juta per tahun. Dan uang sebesar itu hampir sama dengan sewa apartemen tipe studio yang sudah berfasilitas lengkap.

Tidak seperti kamar kos, kebanyakan rumah tapak disewakan secara kosongan. Sehingga penyewa hanya memperoleh hak guna bangunannya saja. Sementara perabot rumah harus dibawa sendiri oleh penyewa seperti tempat tidur, lemari, televisi, dan sebagainya.

Belum lagi Anda harus sewa mobil untuk mengangkut barang dari tempat tinggal lama ke rumah kontrakan baru. Hal ini cukup merepotkan dan perlu biaya ekstra.

Beda cerita ketika sewa apartemen. Sebagian besar unit-unit yang disewakan adalah unit semi furnished dan full furnished.

Setidaknya sudah tersedia fasilitas dasar seperti tempat tidur, lemari pakaian, pendingin udara, televisi, lemari es, dan peralatan dasar untuk kebutuhan dapur. Anda hanya perlu membawa barang-barang pribadi saja.

Selain itu, umumnya apartemen lebih unggul dari segi lokasi. Gedung apartemen lumrahnya terletak di kawasan perkotaan yang strategis. Biasanya dekat pusat bisnis dan hiburan.

Karena lokasinya yang strategis ini, para pekerja di kota besar memilih apartemen untuk menghindari macet dan mempersingkat jarak tempuh ke tempat kerja. Sehingga meningkatkan efisien waktu dan tenaga.

Namun memilih apartemen jangan asal-asalan. Apalagi jika Anda berencana menyewa untuk jangka waktu yang cukup lama. Karena itu, Anda perlu melakukan perbandingan serta analisis terlebih dahulu.

Memilih apartemen saja sama dengan memilih rumah untuk tempat tinggal tetap. Dalam hal ini beberapa faktor terkait pemilihannya juga memiliki kemiripan dalam melakukan pertimbangan antara memilih rumah dengan memilih apartemen.

Pada saat kami melakukan survey terkait kondisi beberapa apartemen di kota besar di Indonesia, kami memilih kata kunci sewa apartemen Jogja.Hal ini dikarenakan Jogja merupakan salah satu kota budaya di Indonesia yang rama dikunjungi oleh wisatawan.

Selain Denpasar, Jogja adalah pilihan kedua ketika turis-turis mengunjungi Indonesia. Hal ini mendorong pertumbuhan apartemen di kota Jogja yang cukup pesat seiring dengan maraknya pembangunan hotel di sana.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat Anda ingin membeli atau menyewa apartemen. Mari simak ulasan di bawah ini:

1. Kualitas bangunan yang baik

Kualitas bangunan yang baik

Gambar di atas merupakan salah satu contoh prosedur pengecekan kualitas bangunan apartemen yag saya temukan saat saya melakukan pencarian sewa apartemen Jogja.

Kualitas bangunan apartemen adalah hal pertama yang wajib kita perhatikan sebelum membeli atau bahkan menyewa apartemen dalam jangka waktu yang lama.

Kualitas bangunan apartemen yang bagus biasanya disertai dengan sertifikat khusus yang menjelaskan bahwa pembangunan apartemen tersebut telah memenuhi prinsip keamanan sipil dan bangunan.

Selain dengan cara melihat berdasarkan sertifikat dari tim ahli yang melakukan assessor. Kualitas bangunan apartemen juga bisa diketahui dengan melakukan pengecekan langsung pada apartemen tersebut.

Jika apartemen tersebut merupakan apartemen yang sudah lama, kita bisa menanyakan pada penghuni yang sudah ada disana atau dengan melihat langsung beberapa poin kritis terkait kualitas bangunan. Anda bisa melihat kondisi tangga, lift, serta tembok apartemen tersebut.

Jika apartemen tersebut adalah apartemen baru, Anda bisa melakukan pengecekan siapa developernya dan kemudian melihat contoh bangunan yang sudah mereka buat.

Developer berpengalaman tentu tidak akan main-main dalam membangun apartemen yang dikembangkannya. Pasalnya, reputasi mereka yang telah dibangun bertahun-tahun akan dipertaruhkan. Mereka akan memastikan setiap aspek bangunan memenuhi standar dan menggunakan material berkualitas tinggi.

Dan jika Anda menemukan fakta bahwa pembuat apartemen adalah kontraktor baru yang belum terkenal, lebih baik Anda mencari apartemen yang lain dengan menggunakan kata kunci sewa apartemen Jogja sebagai perbandingan.

2. Desain apartemen yang menawan

Desain apartemen yang menawan

Pada saat kami melakukan pencarian terkait sewa apartemen Jogja, kami menemukan salah satu desain apartemen yang indah dan menawan. Ini merupakan salah satu poin yang juga penting untuk diperhatikan saat Anda akan membeli atau menyewa sebuah apartemen.

Hal ini dikarenakan apartemen itu seperti rumah yang perlu dikondisikan agar penghuninya merasa betah dan nyaman.

Cara memilih desain apartemen adalah dengan memilih desain tradisional, desain modern, ataukah apartemen dengan desain natural. Di kawasan Jogja, kebanyakan apartemen memadukan ketiga jenis desain tersebut.

Desain tradisional nampak pada beberapa ukiran yang ada pada furnitur dalam apartemen. Desain modern nampak pada kualitas tempat tidur serta toilet. Serta desain natural sebagai yang nampak pada wall sticker atau bahkan penambahan pot-pot tanaman hias yang menyegarkan apartemen tersebut.

3. Keamanan lingkungan sekitar apartemen

Keamanan lingkungan sekitar apartemen

Keamanan lingkungan apartemen merupakan hal ketiga yang perlu Anda perhatikan jika Anda ingin memiliki sebuah apartemen. Dalam beberapa kasus pencurian di apartemen, hal ini disebabkan apartemen tersebut tidak melengkapi sistem pengamanan dengan jumlah CCTV yang memadai serta jumlah security yang sangat terbatas.

Untuk itu perlu Anda tanyakan kepada developer apartemen tersebut terkait penggunaan CCTV serta berapa jumlah security yang nantinya akan bertugas.

Dalam beberapa berita mengenai sewa apartemen Jogja, kami tidak menemukan kasus terkait pencurian ataupun tindakan kriminal yang berhubungan dengan urangnya sistem keamanan di apartemen.

Namun di beberapa kota besar lainnya seperti Jakarta dan Surabaya, masih dijumpai beberapa kasus terkait pencurian yang terjadi di lingkungan apartemen.

Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya sistem keamanan apartemen memegang peranan vital agar keamanan penghuninya tetap terjamin.

4. Lokasi Apartemen dari Fasilitas Umum dan Wisata

Lokasi Apartemen dari Fasilitas Umum dan Wisata

Pemilihan lokasi apartemen merupakan poin keempat yang penting untuk diperhatikan sebelum Anda memilih apartemen mana yang akan Anda miliki.

Dalam mesin pencari, sewa apartemen Jogja memiliki banyak sekali pilihan apartemen yang dekat dengan fasilitas umum. Selain itu, apartemen tersebut juga ada yang dibangun dekat dengan view pegunungan yang indah seperti yang terlihat dari gambar di atas.

Sebagaimana kita memilih sebuah rumah, memilih apartemen memang mau tidak mau harus terjangkau jaraknya dari pusat keramaian. Atau paling tidak, sarana kendaraan umum bisa menjangkau apartemen tersebut.

Bagaimanapun, saat kita hidup di apartemen, tentu kita masih memerlukan fasilitas umum yang dekat seperti sekolah untuk anak, rumah sakit untuk pemeriksaan kesehatan, atau sarana transportasi seperti kereta api.

Selain fasilitas umum, terkadang pemilihan apartemen sebagai rumah singgah itu mempertimbangkan jaraknya dengan tempat wisata. Terutama di Jogja yang punya banyak destinasi wisata menawan.

Jadi jika apartemen tersebut tidak kita gunakan, apartemen tersebut bisa kita sewakan kepada para pelancong yang memerlukan akomodasi saat berlibur atau ada urusan bisnis di Jogja.

5. Biaya perawatan yang lengkap dan ekonomis

Salah satu perbedaan membeli apartemen dan membeli rumah di kawasan cluster atau perumahan adalah terkait biaya perawatan rutin. Kalau apartemen, biaya perawatan rutin itu harus dibayar setiap bulan.

Jika Anda membeli apartemen dengan kredit, tentu setiap bulan Anda harus membayar nilai cicilan + biaya perawatan rutin. Beda dengan membeli sebuah rumah, biaya perawatan harus kita keluarkan dan kita tentukan sendiri kapan perlu perawatan.

Dalam beberapa kasus Sewa apartemen Jogja, biasanya para penyewa atau para pembeli apartemen akan memilih apartemen yang perawatan rutinnya cukup lengkap.

Misalkan perawatan ketersediaan air serta yang lebih penting perawatan sistem jaringan listrik. Kedua hal ini, listrik dan air adalah kebutuhan utama dari penghuni apartemen itu. Oleh karena itu, kelancaran air dan listrik tentu memerlukan perawatan yang intens dan tepat.

Selain listrik dan air, tentunya yang perlu diperhatikan adalah nilai biaya perawata yang ekonomis dan masuk akal. Terkadang ada pemilik apartemen yang nakal.

Misalkan sudah memberikan nilai sewa yang mahal tetapi biaya perawatann masih ditanggung oleh penyewa. Hal ini seharusnya juga dibicarakan sejak awal, apalagi bagi penyewa yang baru pertama kali dan belum familiar terkait biaya perawatan ketika tinggal di apartemen.

Dari awal harus ditentukan dengan jelas mengenai siapa yang akan menanggung biaya perawatan tersebut dan berapa nominalnya.

Demikian beberapa tips yang bisa kami berikan untuk Anda yang ingin membeli atau menyewa apartemen, khususnya sewa apartemen Jogja. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!