15 Tips Pacaran Langgeng Sampai Ke Pelaminan

Katanya, berani jatuh cinta adalah berani untuk patah hati juga. Memang, kalau yang sudah menikah saja bisa bercerai, apalagi yang masih pacaran, kan?

Bagaimanapun, rasanya sebagian besar orang yang memilih untuk berpacaran punya satu tujuan utama: mengenal pasangannya lebih jauh sebelum akhirnya dibawa ke jenjang pernikahan.

Tips Pacaran Langgeng

Tapi, kenyataannya banyak sekali hubungan yang kandas di tengah jalan sebelum janur kuning melengkung. Bagaimana, dong? Nih, ada 15 tips pacaran langgeng sampai ke pelaminan untukmu supaya tak perlu lagi patah hati. Simak, ya!

1. Tunjukan kasih sayang pada pasangan

Tips pacaran langgeng pertama adalah jangan malu untuk menunjukan kasih sayang. Meski banyak orang bilang bahwa “aku cinta kamu” bisa disampaikan dalam berbagai macam kalimat seperti “jangan lupa makan” atau “sini, biar aku yang bawa tasmu”, tidak ada salahnya juga sesekali bilang “aku cinta kamu” secara literal.

Hal ini lebih sering terjadi pada laki-laki, karena biasanya mereka tidak mau dicap sebagai orang yang “lebay” atau “bucin”. Intinya, jangan ragu untuk menunjukan rasa kasih sayang.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Sifat Egois Pada Anak Tunggal

Pastikan pasanganmu tahu bahwa kamu mencintainya dan masih mencintainya. Jangan pernah berpikir bahwa ia pasti tahu bahwa kamu mencintainya karena kalian berpacaran. Pokoknya, tunjukan, ya!

2. Jaga komunikasi dan rasa saling percaya

Tips pacaran langgeng berikutnya adalah dengan terus menjaga komunikasi dan rasa paling percaya. Dua hal ini adalah hal penting yang wajib dimiliki setiap hubungan.

Ingat, menjaga komunikasi bukan berarti kalian harus saling bertukar pesan dua puluh empat jam dalam seminggu.

Tentu sebagai orang dewasa kalian masing-masing mempunyai banyak hal untuk diselesaikan sehingga tidak mungkin chat atau menelpon setiap saat. Di sinilah pentingnya rasa percaya.

Jika kamu selalu curiga setiap pasangan tidak membalas pesan dalam 5 menit, apa benar kamu sudah cukup dewasa untuk memulai rumah tangga?

3. Jangan pelit apresiasi

Tidak pelit apresiasi adalah tips pacaran langgeng berikutnya. Jika selama ini kamu jarang sekali mengapresiasi pasanganmu, saatnya memulai perubahan!

Baca Juga: 13 Tips Melupakan Mantan Pacar Dengan Cepat dan Sehat

Tahukah kamu kalau apresiasi dari satu orang tercinta bisa jadi lebih penting ketimbang ratusan like dan retweet netizen Twitter? Jangan sampai pasanganmu merasa lebih dihargai dan diapresiasi oleh orang lain ketimbang dirimu sendiri.

Jika kamu tidak pernah mengapresiasi pasanganmu, tentu saja wajar jika ia memilih untuk bersama seseorang yang lebih menghargai diri dan usahanya.

Apresiasi ini tak selalu soal materi, lho! Tidak harus selalu berbentuk bunga, jam tangan, kue, cokelat, dan lain-lain. Terima kasih yang tulus adalah bentuk apresiasi yang juga sering terlewatkan banyak orang.

4. Selipkan humor pada obrolan

Menjaga humor dalam sebuah hubungan bisa jadi tips pacaran langgeng sampai ke pelaminan. Ketika kamu dan pasangan banyak bercanda, itu memperlihatkan bahwa kalian nyaman dengan satu sama lain. Sebaliknya, pasangan yang terlihat dingin dan membosankan jarang bisa bertahan lama alias langgeng.

5. Selalu tepati janji dan dilarang keras munafik

Ini tips pacaran langgeng yang harus kamu perhatikan. Tentu saja masa pacaran adalah masa pra nikah yang tujuannya adalah mengenal pasangan lebih dalam.

Jika selama pacaran kamu sering kali ingkar janji dan berlaku berbeda dari yang kamu omongkan, bagaimana bisa ia percaya dengan janji sakralmu di pernikahan nanti?

Baca Juga: 11 Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur agar Tidur Lebih Berkualitas

Jadi, sebisa mungkin tepati janjimu, ya! Selain itu, jangan melakukan hal yang berkebalikan dari omongamu.

Misalnya, kamu bilang pada pasangamu bahwa kalian berdua tidak boleh menggunakan kata kasar ketika sedang berkelahi. Sedangkan, kamu sendiri yang akhirnya mengumpat ketika kalian sedang terlibat argumen.

Pasti hal ini akan membuat pasanganmu berpikir: “Apa iya ini orang yang mau aku nikahi nanti??”

6. Hargai keberadaan pasangan

Membuat pasangan merasa dihargai dan dinginkan adalah salah satu kunci dan tips pacaran langgeng. Misalnya, ketika kamu terus sibuk dengan ponselmu sendiri ketika dia berada tepat di depanmu, apa kamu yakin tidak menyakiti perasaannya?

Baca Juga: Cara Mengusir Tikus dengan 17 Bahan Alami

Contohnya lagi, jika kamu membuat status di media sosial tentang masalahmu yang tidak bisa kamu ceritakan pada siapapun, apa kamu tidak mengganggap pasangangmu itu ada dan siap mendengarkan semua keluh kesahmu?

Kamu harus pastikan bahwa pasanganmu tahu kamu menghargai keberadaaannya baik secara fisik maupun mental. Jika tidak, bisa-bisa ia berpikir “apa bedanya ada dan tidak ada aku di hidupmu?”.

7. Luangkan waktu walau hanya sebentar

Sebagai orang dewasa yang punya banyak kesibukan, tentu saja wajar jika kamu tidak selalu bisa bersama pasanganmu. Tapi, tahukah kamu betapa senangnya pasangan jika kamu menyempatkan waktu untuknya barang sebentar saja?

Misalnya, meski tengah sibuk di kantor dengan semua pekerjaan dan rapat-rapat yang tak ada habisnya, kamu bisa mengirim satu pesan singkat ketika jam istirhat berbunyi “selamat makan siang!”.

Meski terdengar sangat sepele, tips pacaran langgeng ini dijamin membuat pasanganmu akan jatuh cinta terus-terusan padamu.

8. Terima kekurangan pasangan, jangan membanding-bandingkan

Ingat, membanding-bandingkan pasangan dengan mantan pacar sebelumnya adalah hal yang haram untuk dilakukan. Kalimat seperti “kalau dulu, dia sih begini begitu syalala syilili” jangan pernah sampai keluar dari mulutmu.

Percayalah, tidak ada satupun orang di muka bumi yang senang jika dibanding-bandingkan dengan mantan kekasih.

Jika seperti itu, pasanganmu akan merasa kamu belum bisa move on dari sang mantan. Ia juga akan merasa bahwa dirinya tidak pernah “cukup” untukmu. Ah, selamat tinggal pelaminan!

9. Jangan pernah pergi tidur dalam keadaan marah

Tips pacaran langgeng yang ini banyak dilewatkan banyak orang, lho! Sedikit yang tahu, bahwa kita tidak boleh pergi tidur dalam keadaan masih marah atau berkelahi dengan pasangan. Kenapa?

Karena jika kita pergi tidur dalam keadaan marah, rasa marah itu akan berlarut-larut sampai keesokan paginya. Jika rasa marah sudah terlalu lama mengendap di hati, akan semakin susah untuk menggapusnya.

Bisa-bisa berujung dengan kata putus, deh! Selalu ingat tips pacaran langgeng yang ini ya!

10. Selalu ingat momen indah dan bermakna

Ketika dirundung masalah dan kegalauan, tips pacaran langgeng yang harus dilakukan adalah dengan ingat pada momen-momen indah yang pernah kamu lalui berdua. Sehingga kamu akan teringat lagi pada semua kebahagian yang kamu rasakan bersamanya.

Selain itu, kamu juga akan ingat pada alasan yang membuatmu memilih untuk bersamanya sejak awal pertama. Uh, romantis, kan?

11. Miliki tujuan bersama (jangka pendek dan panjang)

Memiliki tujuan bersama baik dalam janhka pendek maupun panjang adalah tips pacaran langgeng yang harus kamu coba.

Untuk jangka panjangnya, tentu kalian berdua ingin menikah suatu saat nanti ketika semuanya sudah siap. Lalu bagaimana dengan tujuan jangka pendek?

Baca Juga: 18 Cara Mempercepat Tumbuh Rambutdengan Bahan Alami. Dijamin Ampuh!

Buat lah daftar hal-hal yang ingin kalian capai bersama atau lakukan bersama. Selain memungkinkan perkembangan diri, hal ini akan membuat hubungan kalian tidak monoton alias membosankan.

Misalnya, karena sama-sama penyuka kopi, kalian punya target untuk mengunjungi semua kedai kopi yang ada di kota, dengan setidaknya satu kedai kopi setiap minggu.

Contoh lainnya, kalian punya target untuk membuat satu kumpulan puisi yang ditulis bersama-sama untuk dipublikasikan nanti.

12. Selalu terbuka satu sama lain dalam berbagai hal

Keterbukaan adalah hal yang penting untuk dimiliki suatu hubungan. Tips pacaran langgeng yang satu ini menuntut kamu untuk menjadi pendengar yang baik.

Jika kamu bukan pendengar yang baik, pasanganmu mungkin akan ragu untuk bercerita atau berterus terang tentang beberapa hal.

Untuk menjadi pendengar yang baik, kamu tidak boleh terlalu cepat menghakimi, kamu juga harus lebih mengerti dengan mencoba menempatkan dirimu di posisinya.

Selain itu, jangan selalu merasa harus memberi solusi ketika dia tengah curhat tentang masalah yang dihadapinya. Sering kali, orang yang bercerita soal masalahnya hanya ingin didengar saja.

Idealnya, kamu harus menjadi tempat favorit untuknya mencurahkan isi hati. Jangan sampai ia lebih merasa nyaman untuk bercerita pada orang lain, ini bisa membuat hubunganmu renggang dan kandas di tengah jalan.

13. Jika ingin bersikap egois, harus bergantian

Menghindari sifat egois memang rasanya tidak mungkin. Karena itu, tips pacaran langgeng yang satu ini mengharuskan kamu setidaknya bisa bergantian.

Maksudnya adalah ketika pasanganmu sedang bersikap egois, kamu harus bisa mengimbangi dengan sifat yang pengertian. Begitu juga sebaliknya nanti untuk pasanganmu.

Jika kedua belah pihak mempertahankan ego masing-masing dalam sebuah situasi, maka akan seperti mengadu dua batu. Dan tentu saja kebiasaan seperti ini tidak akan membuat hubunganmu langgeng sampai ke pelaminan.

14. Pahami bahwa kamu tidak selalu jadi prioritas

Jika kamu berharap hubunganmu bisa dibawa hingga ke pelaminan, harusnya kamu juga sudah bisa berpikir realistis mengenai hubungan cinta. Tips pacaran langgeng berikutnya adalah kamu harus memahami bahwa kamu tidak harus selalu jadi prioritas.

Kamu pastinya sering kali mendengar alasan putus semacam “aku bukan prioritasnya lagi”. Ketahuilah, alasan seperti ini sangatlah kekanak-kanakan. Hanya pantas dikatakan seorang anak SMP yang baru mengenal apa itu pacaran.

Pasanganmu memiliki kehidupan yang harus ia jalankan. Dari pekerjaan hingga keluarga, tidak semuanya itu berkaitan dengan dirimu.

Jadi, jika suatu hari ia lebih memilih lembur ketimbang menghabiskan malam minggu bersamamu, tidak perlu marah-marah apalagi minta putus, ya!

15. Cintai diri sendiri sebelum mencintai pasangan

Tips pacaran langgeng yang terakhir adalah yang terpenting. Sebelum kamu mencintai orang lain, kamu harus mencintai dirimu sendiri. Ini mungkin memang terdengar klise, tapi justru hal ini lah masalah yang paling sering membuat hubungan kandas di tengah jalan.

Ketika kamu sudah mencintai diri sendiri, kamu akan mengerti bahwa dua orang yang saling mencinta itu tugasnya hanya saling melengkapi dan berbagi. Jika kamu belum bisa melengkapi diri sendiri, bagaimana kamu bisa melengkapi orang lain?

Mencintai diri sendiri salah satunya adalah dengan tidak menempatkan kebahagianmu pada orang lain. Mengerti, kan?

Jika kamu berpikir kebahagianmu adalah tanggung jawab pasangan, kamu akan sering kecewa dan sedih ketika ekspektasimu pada pasangan gagal terpenuhi. Padahal, kamu sendiri yang harusnya bertanggung jawab pada kebahagiaanmu.

Jika terus-terusan sedih karena hal ini, tentu akan membuatmu merasa semakin tidak cocok dengan pasangan dan akhirnya ingin mengakhiri hubungan.

Itu dia 15 tips pacaran langgeng yang harus kamu lakukan jika ingin perjalanan ke pelaminan mulus jaya, ya!